SOLOPOS.COM - Marketing Indobake menunjukkan produk peralatan bakery di Alana Hotel & Convention Center, Solo, pada Selasa (18/7/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Regional Sales Manager PT Indobake Mitra Perkasa, Wedy Wijaya, menjelaskan permintaan peralatan industri bakery atau produk makanan yang dibuat dari tepung terigu semakin tumbuh. Terutama peralatan baking dan mixing bagi para home baker.

Pembuat roti rumahan atau home baker ini mulai tumbuh saat pandemi Covid-19. Indobake, lanjut Wedy merupakan perusahaan importir peralatan baxing dan mixing dengan pengalaman selama 25 tahun yang awalnya berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Adapun peralatan pembuat roti yang diedarkan kepada masyarakat berasal dari China dan Taiwan. Dari puluhan peralatan yang ditawarkan ada dua produk utama yaitu oven dan mixer.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selain itu, pihaknya juga menyediakan berbagai peralatan yang dibutuhkan bakery atau usaha makanan berbahan dasar adonan seperti deck oven, convection oven, rotary oven, proofer, steamer, dough moulder, dough divider, dough sheeter, bread slicer, working table, baking tools, stand mixer, all purpose mixer, spiral mixer, dan cooking mixer.

Sejalan dengan banyaknya permintaan dari pelaku bisnis bakery di daerah lain, pihaknya kemudian membuka cabang di Bandung, Jawa Barat. Pelaku usaha kuliner berupa roti dan kue yang kian banyak, Indobake kemudian ekspansi lebih jauh ke Bali, Tangerang dan Banten. Lokasi-lokasi ini ia pilih dengan melihat prospek pertumbuhan ekonomi, khususnya usaha kuliner di sana.

“Di Banten itu luar biasa, tiga bulan awal ada 15 customer, sudah sekarang hampir yang setahun ada 150 customer,” ujar Wedy saat ditemui Solopos.com di sela-sela acara KIAT Bogasari 2023 di Alana Hotel & Convention Center Solo, pada Senin (17/7/2023).

Ia menjelaskan saat pandemi permintaan peralatan bakery tetap tumbuh. Adanya pembatasan pergerakan namun pola bisnis mereka beralih ke online, misalnya melalui marketplace.

Selain itu, banyaknya pekerja yang banting setir ke dunia usaha kuliner membuat permintaan mixer dan oven makin meningkat. Wedy menjelaskan untuk home baker pemula paling tidak membutuhkan mixer, oven, dan proper. Proper dibutuhkan mengembangkan adonan roti menjadi lebih cepat.

Peralatan yang dibutuhkan untuk pelaku usaha bakery pemula bisa berupa stand mixer seharga Rp5 jutaan dengan kapasitas 0,8 kilogram tepung. Kemudian untuk oven bisa digunakan jangka panjang yang dijual seharga Rp6 jutaan.

Pihaknya mengaku selalu menjaga pelayanan kepada konsumen dengan cara menjaga kepercayaan. “Yang kami utamakan itu after service, jadi mesin ini kan investasi. Kami menyediakan teknisi servis yang selalu ready,” tambah Wedy.

Pelaku usaha bakery, Turi Anggraini menjelaskan bagi para home baker pemula bisa menggunakan alat utama mixer. “Mixer sama oven yang kukusan bisa,” ujar Turi saat dihubungi Solopos.com pada Selasa (18/7/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya