SOLOPOS.COM - Ilustrasi BB 10 (cnet.com)

 

Ilustrasi BB 10 (cnet.com)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

JAKARTA–Indosat meluncurkan kerja sama dengan pengembang aplikasi untuk perangkat Blackberry (BB) 10. Ada pun keempat pengembang aplikasi tersebut yakni Easytouch dengan aplikasi Pouch, Inspira dengan aplikasi Soccer Ticker, Risto Mobile dengan aplikasi PicStory dan Backstage.

Ekspedisi Mudik 2024
Pouch merupakan aplikasi kartu loyalitas digital yang telah bekerja sama dengan 60 merek produk. Soccer Ticket adalah aplikasi berita, informasi, dan hiburan English Premiere League (EPL). Sementara itu, PicStory merupakan aplikasi berbagi dan penyunting foto yang telah diunduh lebih dari 25 juta kali, dan Backstage merupakan aplikasi streaming musik dan layanan unduh Indosat.

“Tujuan utama kami adalah untuk menyambut kehadiran BlackBerry 10 pada awal Maret nanti. Kami ingin menyiapkan aplikasi yang langsung bisa dimanfaatkan oleh konsumen. Kami berharap pada awal Maret nanti, sudah ada ratusan aplikasi untuk BlackBerry 10,” kata Director & Chief Commercial PT Indosat Tbk Erik Meijer seusai pembukaan Indosat Digital Innovation Day pada Rabu (6/2/2013).

Tak hanya meluncurkan kerja sama dengan para pengembang aplikasi untuk perangkat BlackBerry 10, pada kesempatan yang sama Indosat juga melakukan penandatangan 15 MoU dengan pengembang aplikasi lainnya di antanya Tiket.com, Dokter Gratis, Artoconde, Techbator, Kelir TV, Yotomo, dan Javan Cipta Solusi. 

Erik menambahkan, perusahaan juga ingin mendorong inovasi dari para pengembang aplikasi lokal. Selama ini, sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggunakan konten dan aplikasi dari luar negeri. Padahal, kata Erik, banyak konten dan aplikasi dari pengembang lokal yang lebih relevan untuk digunakan konsumen Indonesia.

“Oleh karena itu, kami juga menggandeng local developer. Kami mengevaluasi kebutuhan masyarakat Indonesia, dan kami menyiapkan aplikasinya bekerja sama dengan para pengembang. Selama ini aplikasinya sudah ada, tapi masih banyak yang belum mengenal,” tambah Erik.

Adapun berbagai jenis kerja sama dilakukan Indosat dengan para pengembang aplikasi. Erik memaparkan bentuk kerja sama tersebut di antaranya promosi aplikasi dan berbagi pendapatan (revenue sharing). 

Pengembangan aplikasi merupakan salah satu lini bisnis value added services (VAS) Indosat. Adapun, pada kuartal III/2012, VAS menyumbangkan 2% dari total pendapatan. Untuk pengembangan VAS pada tahun ini Erik menyebutkan masih akan berkutat pada konten dan aplikasi. 

“Saat ini kami masih menunggu revisi peraturan menteri dari pemerintah [Permen No.1/2009 Kementerian Komunikasi dan Informatika],” pungkas Erik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya