Timnas U-23 Indonesia, (Nyoman Budhiana)

Solopos.com, MANILA –Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Vietnam pada lanjutan SEA Games 2019 cabang sepak bola di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu (1/12/2019). Pertandingan itu dimulai pukul 19.00 WIB (disiarkan langsung TVRI dan RCTI).

Laga di babak penyisihan grup B ini akan menentukan dominasi salah satu tim di grup neraka tersebut. Pasukan Garuda Muda wajib waspada atas performa Vietnam yang impresif pada SEA Games 2019. Tim berjuluk The Young Golden Stars tersebut sejauh ini menjadi pemuncak klasemen sementara grup B.

Meski mengoleksi poin sama dengan Timnas Indonesia, yaitu enam poin, Vietnam memiliki catatan gol jauh lebih banyak. Anak asuh Park Hang-seo membantai Brunei Darussalam dengan gelontoran enam gol tanpa balas di laga pembuka.

Tim nasional (timnas) Vietnam lantas menumbangkan Laos dengan skor 6-1 di pertandingan kedua. Sementara Indonesia mengoleksi dua kemenangan di dua laga awal, yakni membekuk Thailand dan Singapura, masing-masing dengan skor 2-0.

Sejak pertemuan perdana di SEA Games 1991, Vietnam selalu menjadi musuh yang tak mudah dihadapi. Dalam 11 kali pertemuan, Indonesia memang mencatatkan rekor lebih baik yaitu meraih lima kali kemenangan, dua imbang, dan menderita empat kekalahan.

Sayangnya, performa Vietnam dari masa ke masa menunjukkan tren positif. Pada SEA Games November 2011, Indonesia meraih kemenangan 2-0 atas Vietnam. Namun, Indonesia dibalas dengan skor mencolok 0-5 pada SEA Games 2015.

Pada perjumpaan terakhir yaitu SEA Games 2017, kedua tim bermain imbang 0-0. Hal ini jelas menjadi perhatian khusus anak asuh Indra Sjafri. Pemain Timnas Indonesia mengikuti latihan ringan untuk pemulihan tenaga, Jumat (29/11/2019) pagi.

Indra Sjafri membagi program latihan menjadi dua. Sebagian pemain yang sebelumnya duduk di bangku cadangan berlatih di taman depan hotel penginapan tim. Sementara para pemain inti berlatih ringan di kolam renang hotel.

"Program kita hari ini memang untuk pemulihan. Kita harus pandai-pandai menjaga kondisi kebugaran pemain karena waktu istirahat sangat singkat. Kita maksimalkan jeda istirahat yang kita punya," ujarnya dikutip dari Pssi.org.

Pelatih asal Sumatra Barat itu menyebut seluruh pemain diyakini dalam keadaan bugar dan siap tampil menghadapi Vietnam. Seperti laga sebelumnya, dia meminta para pemain fokus pada kekuatan tim dan berupaya tidak membuat banyak kesalahan.

Pemain Vietnam, Nguyen Thant Chung, mengatakan timnya harus mewaspadai striker Indonesia, khususnya Osvaldo Haay. Osvaldo dianggap memiliki andil besar dalam dua kemenangan Indonesia meski selalu turun dari bangku cadangan.

“Saya memperhatikan pemilik nomor punggung 20 [Osvaldo Haay]. Di kualifikasi Piala Asia U-23, saya tidak memiliki kesempatan bertemu dengan pemain ini. Menurut saya, ia adalah pemain dengan kecepatan dan kemampuan untuk berselancar dengan baik,” ujar Thanh dilansir dari Vff.org.vn, Sabtu (30/11/2019).

Ia mengaku Vietnam kesulitan menyarangkan gol saat melawan Indonesia di kualifikasi Piala Asia U-23 lalu. Namun, ia optimsitis, dengan adanya peningkatan di lini serang Vietnam, mereka akan mengalahkan Indonesia.

Prediksi Susunan Pemain

Vietnam U-23 (4-3-3)

Van Toan; Van Hau, Duc Chien, Thant Chung, Ngoc Bao; Viet Hung, Hung Dung, Tan Tai; Quang Hai, Thanh Son, Tien Linh

Pelatih: Park Hang-seo

Indonesia U-23 (4-3-3)
Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Bagas Adi Nugroho, Andy Setyo, Firza Andika;, Syahrian Abimanyu, Zulfiandi, Evan Dimas; Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli, Saddil Ramdani

Pelatih: Indra Sjafri


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten