Indonesia Vs Vietnam, Bima Sakti: Jangan Terprovokasi!

Duel penyisihan Piala AFF U-16 antara Indonesia Vs Vietnam dibayangi insiden pada Piala AFF U-19 lalu.

 Indonesia Vs Vietnam akan tersaji dalam laga pamungkas penyisihan Grup A Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8/2022). (Tri Wiharto)

SOLOPOS.COM - Indonesia Vs Vietnam akan tersaji dalam laga pamungkas penyisihan Grup A Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8/2022). (Tri Wiharto)

Solopos.com, SLEMAN – Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-16 Indonesia, Bima Sakti, meminta skuadnya tampil tenang dan tidak terprovokasi saat berhadapan kontra Vietnam pada laga pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022, Sabtu (6/8/2022).

“Jangan terprovokasi, bermain dengan kepala dingin. Jangan sampai mendapatkan kartu karena pelanggaran yang tak perlu,” ujar Bima Sakti di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, DIY, Jumat (5/8/2022).

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Juru taktik berusia 46 tahun itu menginstruksikan pemainnya untuk hanya fokus ke pertandingan karena laga itu penting bagi Indonesia untuk lolos ke semifinal. Skuad Garuda Asia hanya perlu menahan imbang Vietnam untuk bisa melaju ke semifinal.

Bima melanjutkan para pemain Timnas U-19 Indonesia juga tak boleh terpengaruh dengan teriakan-teriakan penonton yang jumlahnya diprediksi akan lebih banyak daripada laga-laga sebelumnya.

Bima Sakti sendiri merasa perlu memperingatkan pemainnya lantaran atmosfer laga kontra Vietnam terasa sedikit panas pasca kejadian di Piala AFF U-19 2022 pada Juli lalu.

Baca Juga: Malaysia Sia-Siakan Peluang ke Semifinal Piala AFF U-16, Grup C Sengit

Seperti diketahui, Indonesia sempat mengajukan protes resmi kepada AFF terkait sikap Vietnam dan Thailand yang diduga tidak sportif saat kedua tim bertarung di Piala AFF U-19 2022 pada Juli.

Tindakan timnas U-19 Vietnam dan Thailand, yang disebut PSSI seperti tidak berniat memenangi pertandingan ketika skor mereka imbang 1-1, membuat timnas U-19 Indonesia gagal ke semifinal Piala AFF U-19 itu. Buntut dari peristiwa tersebut, PSSI mempertimbangkan untuk keluar dari AFF.

Baca Juga: Resmi Jadi Pemain Persis Solo, Begini Komentar Rodriguez dan Ryo

Oleh sebab itu, Bima pun memohon kepada suporter Indonesia yang hadir di Maguwoharjo untuk menjaga sikap.

“Tunjukkan bangsa Indonesia itu bangsa yang menghormati negara lain. Jangan sampai ada keributan, jangan sampai ada provokasi kepada pemain Vietnam,” kata pemain timnas Indonesia era 1990-an itu.

Gelandang timnas U-16 Indonesia, Muhammad Kafiatur Rizky, sepakat dengan sang pelatih untuk tampil tenang saat bersua Vietnam.

“Kami mesti bermain lepas tanpa ragu-ragu. Tak perlu panik dan tidak mendengar sahutan orang-orang,” tutur Kafiatur.

Baca Juga: Prediksi Persikabo Vs Persis Solo, Susunan Pemain, dan Siaran Langsung

Pertandingan timnas U-16 Indonesia versus Vietnam digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8/2022), mulai pukul 20.00 WIB.

Timnas U-16 Indonesia saat ini menjadi pemimpin klasemen sementara Grup A dengan enam poin dari dua laga tetapi unggul selisih gol (+11) dari Vietnam (+9) yang berpoin serupa.

Dengan demikian, Indonesia hanya perlu minimal hasil seri dari laga kontra Vietnam untuk lolos ke semifinal.

Baca Juga: Liga Inggris: Prediksi Crystal Palace Vs Arsenal dan Susunan Pemain

Sementara itu, dua tim lain di Grup A, Singapura dan Filipina sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF U-16 2022 lantaran belum mengoleksi poin dari dua pertandingan.

Akan tetapi, kedua tim masih akan berjumpa pada laga terakhir yang juga berlangsung pada Sabtu (6/8/2022) di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

    Espos Plus

    Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    + PLUS Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    Banyak perempuan di dunia sains yang wafat tanpa menyaksikan masyarakat modern hidup dengan memanfaatkan dan mengakui kontribusi mereka. Eunice Newton Foote (1819-1888) adalah pencetus kali pertama teori pemanasan global.

    Berita Terkini

    Persis Solo Kalah Lagi-Kalah Lagi, Jacksen Kian dalam Tekanan

    Persis Solo sudah tiga kali kalah dalam tiga laga awal mereka di Liga 1 2022, yaitu dari Dewa United, Persija Jakarta, dan Persikabo 1973.

    Hasil Liga 1: Persib Bandung Kalah Lagi, Kali Ini Dihajar Borneo FC

    Apa yang dialami Persib markas Borneo ini sangat mirip dengan situasi mereka saat menghadapi Madura United.

    Persis Solo Kian Tertinggal, 2-0 untuk Persikabo

    Sebelumnya pada menit ke-69, Persis sudah kebobolan satu gol dari tuan rumah Persikabo di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (7/8/2022) malam WIB.

    Persis Solo Tertinggal 0-1 oleh Gol Lucao

    Gol Persikabo dicetak melalui sundulan kepala oleh pemain bernomor punggung 5, Lucao.

    Klasemen Terbaru Grup B Piala AFF U-16, Thailand Lolos ke Semifinal

    Timor Leste yang berada di puncak klasemen sebelum berhadapan dengan Thailand justru tak punya peluang lolos. Mereka hanya menempati posisi ketiga klasemen akhir.

    Susunan Pemain Persis Solo Hadapi Persikabo, Samsul Arif Jadi Andalan

    Persis dikapteni Eky Taufik, sedangkan Persikabo dipimpin Manahati.

    Data dan Fakta Menarik Jelang Duel Persikabo Vs Persis Solo Hari Ini

    Persis butuh kemenangan pada laga petang nanti untuk membuka kans mereka tetap dijalur yang benar dalam persaingan Liga 1 musim ini.

    Hari Ini Timnas U-16 Recovery, Berendam Air Es dan Makan Siang Bersama

    Indonesia menjadi tim pertama yang memastikan diri ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Pada babak empat besar tersebut, skuad Garuda Asia akan menghadapi tim juara Grup C di Stadion Maguwoharjo.

    Piala Presiden 2022: Kemenangan Zaki Pertegas Jateng Juara Umum

    Zaki perlu waktu satu jam sepuluh menit untuk memastikan gelar juara tunggal putra pemula.

    Jersey Ini Jadi Motivasi Timnas U-16 Indonesia, Kisahnya Mengharukan

    Pelatih berusia 46 tahun itu mengingat saat Alfin menjadi pemain pertama yang meminta menjadi eksekutor adu penalti melawan Vietnam pada perebutan tempat ketiga Piala AFF U-15 edisi 2019 di Chonburi, Thailand.

    Persikabo Waspadai Kebangkitan Persis Solo di Pakansari, Hari Ini

    Persikabo bakal mendapat tenaga tambahan setelah dua pemain asing Tomoki Wada dan Bruno Dybal sudah siap diturunkan melawan Persis.

    Ketum PSSI Siap Kawal Kapten Timnas U-16 Ini hingga Dapat Pekerjaan

    Muhammad Iqbal Gwijangge merupakan pemain yang tak tergantikan di lini belakang Timnas U-16 Indonesia.

    Kalah dari Indonesia, Pelatih Vietnam Kritik Keputusan Wasit Thailand

    Vietnam masih harus menunggu kabar dari Grup C untuk memastikan apakah mereka bisa mengikuti jejak Indonesia melalui jalur peringkat kedua terbaik fase grup atau tidak.

    Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16, Timnas Langsung Diguyur Rp100 Juta

    Menurut Ketum PSSI, para pemain Timnas U-16 Indonesia sudah menunjukkan performa bagus sepanjang fase grup, khususnya ketika menundukkan Vietnam.

    Resmi! PSSI Pastikan Tidak Keluar dari AFF

    Sebelumnya, PSSI sudah melontarkan kemungkinan pindah organisasi sepak bola regional dari AFF ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF).