Tutup Iklan
Alberto Goncalves (Antara-Hery Sudewo)

Solopos.com, JAKARTA — Indonesia dan Malaysia sama-sama diperkuat pemain naturalisasi dalam duel klasik kedua timnas di ajang Kualifi kasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Utama Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (5/9/2019) malam WIB.

Indonesia punya Alberto Goncalves, sedangkan di kubu Malaysia ada Mohamadou Sumareh. Goncalves adalah pemain kelahiran Brasil yang sudah menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Striker berusia 38 tahun tersebut telah malang melintang di kancah sepak bola Tanah Air dan telah menunjukkan dirinya adalah salah satu penyerang haus gol yang dimiliki Indonesia saat ini.

Meski telah berkepala tiga, kecepatan dan fisik Goncalves tetap bisa diandalkan. Di tunjang kematangan dan visinya di lapangan hijau, Goncalves adalah ancaman nyata bagi lini belakang Malaysia dalam lagan anti.

Sementara itu, Sumareh dinaturalisasi Malaysia pada 2018. Ia adalah pemain naturalisasi pertama Malaysia sejak 1960. Debut Sumareh bersama Malaysia terjadi pada 12 Oktober 2018. Malaysia versus Srilanka menjadi debut manis untuk Sumareh dengan membawa negeri jiran itu menang 4-1. Ia menyumbang satu gol di laga itu.

Gol Sumareh untuk Malaysia kembali tercipta saat beruji coba dengan Maladewa. Pemain kelahiran Gambia itu membukukan satu gol untuk membantu Malaysia menang 3-0. Dengan performa yang sip, Sumareh lantas masuk ke skuat untuk Piala AFF 2018.

Dilansir dari https://sport.detik.com/sepakbola">detik.com, Rabu (4/9/2019), Sumareh bermain tujuh kali di sepanjang turnamen dan membantu Malaysia fi nis runner-up. Sumareh melepaskan 189 umpan di sepanjang turnamen, 137 di antaranya mencapai sasaran. Di setiap pertandingan, Sumareh melepaskan 30,3 umpan.

Indonesia mesti mewaspadai umpan kunci dari Sumareh, jika pemain ini dimainkan nanti malam. Di Piala AFF, ada tujuh umpan kunci dari pemain Pahang FC itu. Sumareh juga ancaman dari sisi sayap. Sumareh sudah membuktikan diri piawai membuat assist bersama Pahang di Liga Malaysia musim ini.

Dalam sembilan pertandingan, Sumareh sudah mencatatkan empat assist. Saat ini, Sumareh sedang berpacu dengan waktu agar bisa fi t untuk laga melawan Indonesia. Dia sedang mengalami cedera pangkal paha. ”Sudah ada perkembangan pesat. Saya pikir saya siap,” ungkap Sumareh seperti dilansir foxsports.com.

Selain Sumareh, Malaysia juga akan diperkuat oleh beberapa pemain keturunan. La’Vere Corbin-Ong, Brendan Gan, Matthew Davies, dan Dominic Tan, adalah pemain berdarah campuran. 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten