SOLOPOS.COM - Zhan Lin Peng (dok.JIBI/SOLOPOS/FIFA)

Solopos.com, JAKARTA–  Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas China Selasa (15/10/2013) malam.  Jelas bukan misi yang mudah bagi Indonesia mengingat China datang ke Jakarta dengan optimisme tinggi. Jika Indonesia sementara jadi juru kunci Grup C kualifikasi Piala Asia2015, China malah memuncaki klasemen dengan 6 poin dari 2 laga.

Berikut beberapa catatan mengenai aspek taktik dan strategi Timnas China seperti dilansir dari Detik, Selasa (15/10/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Satu catatan lainnya mengenai pemain bertahan China adalah tentang Zhan Lin Peng (no. 17/full-back kanan). Saat pertandingan melawan Korsel, ia dimainkan sebagai full-back kanan. Tapi saat melawan Australia, ia bermain sebagaicenter-back kanan, dengan Wu Xi sebagai full-back kanan.

Dengan kehadiran Zhan Lin Peng dan Wu Xi, China memiliki 2 pemain yang fasih memainkan peran sebagai bek kanan. Akibatnya, Wu Xi bisa maju untuk membantu Sun Ke menyerang lewat sayap kanan, karena ada Zhan Lin Peng yang meng-covernya di belakang. Chalkboard passing melawan Australia juga memperlihatkan bagaimana sisi kanan China jauh lebih aktif dibandingkan sisi kirinya. Ini karena China menempatkan Wu Xi, Zhan Lin Peng dan Sun Ke secara bersamaan.

Satu catatan mengenani Zhan Lin Peng sendiri adalah umpan panjangnya. Ia acap mengarahkan umpan panjang vertikal ke arah Sun Ke dekat garis pinggir lapangan, dan bukan ke arah tengah lapangan, atau melakukan umpan panjang diagonal. Akibatnya umpan panjangnya mudah diintersepsi, atau keluar lapangan. Dari 7 kali umpan panjang yang dilakukannya ke depan, hanya 1 yang berhasil.

Catatan lainnya adalah peran Zhan Lin Peng saat ada tendangan penjuru. Bersama dengan dua pemain belakang lainnya Zhen Zhi dan Du Wei, ia naik ke kotak penalti lawan untuk menyambut bola corner. Biasanya Zhan Lin Peng malah ditempatkan di sisi kiri kotak penalti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya