SOLOPOS.COM - Powerboat (Topendsports)

Solopos.com, JAKARTA-Indonesia akan menjadi salah satu negara yang ketempatan ajang Formula Satu (F1) Powerboat, tepatnya di Danau Toba, Provinsi Sumatera, yakni 24-26 Februari 2023. Formula Satu (F1) Powerboat merupakan sebuah kejuaraan balap perahu motor berkecepatan hingga 250 km per jam.

Sedikit tentang powerboat, perahu motor tersebut sanggup mencapai kecepatan 100 km per jam hanya dalam dua detik. Sebab powerboat ditenagai mesin berformasi V8 berkekuatan 500 tenaga kuda (horse power).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat dilajukan dalam kecepatan penuh, tubuh bagian depan perahu motor selalu terangkat dari permukaan air, membuatnya seperti hendak terbang. Balapan air ini tentunya akan menjadi atraksi menarik dan mampu menyedot puluhan ribu penonton.

Lantaran kecepatannya mirip mobil F1, perahu-perahu tadi dinamai powerboat dan dijuluki sebagai jet air tercepat di dunia. Mesin-mesin kencangnya digerakkan oleh bahan bakar avgas seperti biasa dikonsumsi oleh pesawat terbang. Tidak seperti perahu yang kita kenal, powerboat punya bentuk berbeda.

Dikutip Solopos.com dari Indonesia.go.id, Senin (30/1/2023), powerboat mengadopsi teknologi katamaran (berlunas ganda) dan terdapat rongga di bawah perahu (tunnel hull).

Tubuh perahu spesial sepanjang 6 meter dan lebar 2,1 meter itu terbuat dari bahan kevlar yang membuat bobotnya ringan, tak lebih dari 390 kilogram dan antiapi.

Pebalapnya duduk di ruang kemudi tertutup berkursi tunggal (single seater), mirip seperti mobil F1, dan dilindungi oleh kaca setebal 10 sentimeter serta antipeluru, ini membuatnya aman ketika sedang beraksi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya