SOLOPOS.COM - United Nations Alliance of Civilizations (hkcarworld.com)

Solopos.com, BANDUNG — Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Al Busyra Basnur menuturkan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menunjuk Indonesia sebagai tuan pertemuan atau forum global tentang aliansi peradaban dunia di Bali.

“Pada tanggal 29-30 Agustus nanti, Indonesia diberikan kepercayaan jadi tuan rumah The 6th United Nations Alliance of Civilizations oleh PBB,” ungkap Al Busyra Basnur seusai menghadiri Konvensi Nasional dalam Rangka Penyusunan Rekomendasi tentang Adat, Adab dan Budaya Nusantara 2014 di Gedung Merdeka, Bandung, Minggu (23/2/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Busyra mengatakan Indonesia adalah negara pertama di kawasan Asia Pasifik yang dipercaya PBB menjadi tuan rumah perhelatan internasional tentang aliansi peradaban di dunia itu. “Tentunya, ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami untuk menjadi tuan rumah gelaran ini. Kegiatan ini sebelumnya telah dilaksanakan di Spanyol, Brazil dan Qatar,” kata dia.

Menurut Busyra, The 6th United Nations Alliance of Civilizations oleh PBB akan diikuti oleh 114 negara dan 28 organisasi internasional yang bergerak di bidang peradaban. Dikatakan dia, salah satu alasan dipilihnya Indonesia menjadi tuan rumah dalam acara tersebut oleh PBB ialah karena dinilai telah berhasil melestarikan, memelihara dan menjaga adat, istiadat serta etnis/suku yang ada.

“Kita dinilai oleh PBB sebagai bangsa yang berhasil memelihara dan melestarian keanekaragaman adat istiadat yang ada di Indonesia,” katanya.

Salah satu bentuk keberhasilan Indonesia dalam melestarikan dan memelihara ada istiadatnya, menurut Busyra adalah adanya Bhinneka Tunggal Ika. “Bhineka Tunggal Ika ini menjadi moto dan kebanggaan tersebut. Pertimbangan tersebutlah yang membuat PBB mempercayai kita jadi tuan rumah,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya