SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Soal perbatasan antara Indonesia-Malaysia, pemerintah Malaysia saat ini ternyata masih menggunakan peta versi mereka yang dibuat pada tahun 1979.

Sikap Indonesia tegas menolak peta buatan Malaysia tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Yang perlu saya sampaikan tentang posisi Indonesia terkait dengan perbatasan, kita tetap tidak menerima sikap Malaysia yang menggunakan peta versi mereka tahun 1979,” kata Menko Polhukam Djoko Suyanto saat rapat dengan Komisi I DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (31/8).

Ekspedisi Mudik 2024

Indonesia, menurut Djoko menggunakan patokan yang dikeluarkan oleh PBB yakni UNCLOS (United Nation Convention on the Law of the Sea).

“Indonesia selalu menggunakan UNCLOS sebagai bahan perundingan perbatasan. Di dalam UNCLOS terdapat ZEE (zona ekonomi eksklusif), landas kontinen dan aspek lainnya,” papar Djoko.

Selama ini, menurut Djoko pemerintah terus menggalakkan tentang pengelolaan perbatasan dengan atau tanpa insiden antara penangkapan 3 pegawai DKP beberapa waktu lalu.

“Kita selama ini terus menggalakkan tentang pengelolaan perbatasan dengan atau tanpa insiden kemarin perunsdingan tetap jalan terus,” imbuhnya.

“Tapi yang namanya perundingan itukan melibatkan dua negara, kita selalu siap. Kalau negara lain yang belum siap gimana kita akan bahas?” tegas Djoko.

dtc/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya