SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Indonesia diperkirakan akan mengalami kelangkaan sumberdaya manusia dibidang pertanian pada 10 hingga 15 tahun mendatang. Demikian ditegaskan Ketua Bidang Kajian dan Advokasi Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PSPI) Yeka Hendra Fatika di Jakarta, Selasa (19/7). Menurut Yeka, minat generasi muda memasuki sektor pertanian semakin berkurang. Berdasarkan data di sejumlah daerah penghasil beras, petani saat ini didominasi oleh struktur usia di atas 45 tahun.

Menurunnya minat generasi muda masuk ke sektor pertanian, menurut Yeka, karena pertanian dianggap tidak menguntungkan. Berdasarkan penelitian PSPI, pendapatan rata-rata setiap petani 750 ribu rupiah tiap bulannya, dan pendapatan petani penggarap hanya sebesar 250 ribu rupiah. Selain itu, petani menanggung kerugian sendiri saat menghadapi berbagai macam tantangan pertanian seperti hama, dan perubahan iklim, tanpa ada bantuan dari pemerintah. [miol/dtp]

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya