SOLOPOS.COM - Frankfurt Book Fair (FBF) 2015 (Kemdikbud.go.id)

Frankfurt Book Fair 2015 telah usai. Indonesia menurut Mendikbud menjadi tamu kehormatan terbaik.

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memberikan apresiasi atas suksesnya penyelenggaraan Indonesia sebagai Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015. Ia mengatakan, penampilan Indonesia di Frankfurt Book Fair (FBF) 2015 disebut sebagai tamu kehormatan terbaik dalam 10 tahun terakhir penyelenggaraan FBF.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Prestasi ini sangat membanggakan. Ini adalah contoh kerja sama antara komunitas kreatif dengan birokrasi yang berhasil dengan baik,” ujarnya di acara Ngopi Pagi dengan tema Setahun Kinerja Kemendikbud, Senin (19/10/2015) di Kantor Kemendikbud, Jakarta.

Seperti dilansir Kemdikbud.go.id, Senin, Mendikbud mengatakan basis kerja sebuah kreativitas adalah imajinasi, sedangkan birokrasi bekerja dengan berbasis pada prosedur operasional standar (POS). Kerja sama antara Komite Nasional Indonesia untuk Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015 dengan birokrat Kemendikbud mampu memunculkan kreativitas.

“Teman-teman di Kemendikbud mampu memfasilitasi panitia (Komite Nasional) sehingga komunitas kreatif bisa bekerja dan birokrasi bisa menyusun protapnya sehingga kreasi itu muncul,” katanya.

Keikutsertaan Indonesia sebagai Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015 menjadi salah satu poin dalam laporan setahun kinerja Kemendikbud. Mendikbud menuturkan, pada November 2014 lalu, Komite Nasional dirombak, dan budayawan diberi otoritas untuk memimpin dan tim kreasi diberi ruang untuk berkreasi lebih luas. Birokrasi pun lalu berfungsi sebagai penopang. Perombakan itu membuat kerja Komite Nasional menjadi lebih cepat dan efektif.

“Ekspresi kreatif bisa ditampung dengan aturan-aturan yang ada dalam birokrasi. Cara kerjanya mudah-mudahan bisa dijadikan rujukan bermanfaat bagi yang lain,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya