Kategori: Nasional

Indonesia Siapkan Program Vaksin Covid-19 Berbayar, 7 Negara Ini Beri Gratis


Solopos.com/

Solopos.com, JAKARTA -- Indonesia menyiapkan dua skema vaksinasi Covid-19 yang akan dimulai 2021, yakni program pemerintah dengan vaksin gratis dan program mandiri.

Pada program mandiri, masyarakat harus membayar sendiri vaksin Covid-19 mereka. Diperkirakan nilai vaksin Covid-19 mencapai Rp200.000.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan skema vaksinasi tersebut akan diatur dua pekan setelah vaksin Sinovac tiba di Indonesia pada 6 Desember 2020. Artinya, skema itu kemungkinan akan dirilis sepekan lagi.

Geger Dinosaurus Turun dari Truk di Magetan, Beneran Asli?

Ketika Indonesia menyatakan akan menjual vaksin melalui program mandiri, negara-negara berikut menyatakan akan memberikan vaksin gratis kepada warganya. Mana saja?

1. Jepang

Pemerintah Jepang menyiapkan regulasi untuk memberikan vaksinasi Covid-19 secara gratis. Pemerintah daerah bertanggung jawab untuk mengelola imunisasi. Hal itu disampaikan Kementerian Kesehatan Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang.

Aturan tersebut mewajibkan warga negara melakukan vaksinasi virus Corona. Tetapi ketentuan tersebut tidak berlaku kecuali efektivitas dan keamanan vaksin sepenuhnya dikonfirmasi.

Perdana Menteri Yoshihide Suga berjanji mendapatkan dosis vaksin yang cukup untuk "rakyat pedesaan" pada paruh pertama tahun depan.

Bio Smart and Safe Bus Bikinan Karoseri Laksana Diklaim Aman dari Covid-19

2. Malaysia

Perdana Menteri Malaysia, Tan Sri Muhyiddin Yassin, mengatakan vaksin Covid-19 akan diberikan gratis kepada warga Malaysia. Sedangkan orang asing harus membayar biaya yang nilainya ditentukan oleh Kementerian Kesehatan.

Pemerintah negera itu tidak memiliki rencana untuk mewajibkan vaksinasi. Vaksin gratis ini hanya akan diberikan kepada mereka yang setuju untuk mengambilnya secara sukarela, terutama orang-orang yang berisiko dan rentan terhadap penyakit.

3. Singapura

Pemerintah Singapura telah memutuskan untuk membuat vaksinasi Covid-19 gratis untuk semua warga Singapura dan penduduk asing yang tinggal lama di Singapura.

Hal itu disampaikan Perdana Menteri Lee Hsien Loong, pada Senin (14/12/2020). Lee membuat pengumuman dalam siaran nasional 15 menit tepat sebelum konferensi media virtual yang dipimpin oleh satuan tugas kementerian tentang Covid-19.

Prioritas pertama untuk vaksinasi akan diberikan kepada mereka yang memiliki risiko terbesar termasuk petugas kesehatan, personel garis depan, serta orang tua dan rentan.

Korban Laka Mobil Patroli Polisi Tertabrak KA di Sragen Pelda Eka Budi Ditemukan

4. Mesir

Menteri Kesehatan Mesir Hala Zayed menegaskan warga Mesir akan diberi vaksin virus Corona dari Sinopharm China gratis.

Vaksin Sinopharm memiliki kemanjuran 86 persen melawan Covid-19. Hal itu berdasarkan keterangan pejabat Mesir dan UEA, setelah Kairo menyelesaikan uji klinis.

Staf medis di rumah sakit isolasi dan rumah sakit akan diberi prioritas untuk mengambil vaksin ini. Penderita kanker atau gagal ginjal, lanjut usia, dan penderita penyakit kronis juga akan diprioritaskan.

Mengungkap Sederet Uji Sebelum Vaksin Disuntikkan

6. Kanada

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengonfirmasi bahwa vaksin Covid-19 yang disetujui oleh Health Canada akan tersedia secara gratis untuk semua warga Kanada.

Vaksin akan tersedia tanpa biaya melalui sistem perawatan kesehatan universal Kanada. Trudeau juga menyebutkan pemerintah bekerja sama dengan para ahli independen untuk memastikan distribusi vaksin di seluruh negeri.

7. Hong Kong

Pemerintah Hong Kong berencana memberikan vaksin gratis kepada seluruh penduduk dengan prioritas tiga juta orang. Warga akan menerima vaksinasi paling cepat pada pertengahan tahun 2021.

Sekretaris Biro Makanan dan Kesehatan Hong Kong, Sophia Chan, mengatakan vaksinasi sangat penting untuk melanjutkan kehidupan normal. Dia menegaskan vaksin Covid-19 diberikan gratis kepada seluruh penduduk di Hong Kong.

Share
Dipublikasikan oleh
Tika Sekar Arum