Indonesia Shopping Festival Dibuka di Solo, Ada Diskon Hingga 77 Persen

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan Gibran mengatakan mall menjadi salah satu sektor pendukung pertumbuhan ekonomi.

 Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Kepala Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo melihat produk UMKM seusai pembukaan Indonesia Shopping Festival (ISF) 2022 di Paragon Mall, Kamis (11/8/2022). (Solopos.com/Afifa Enggar Wulandari)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Kepala Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo melihat produk UMKM seusai pembukaan Indonesia Shopping Festival (ISF) 2022 di Paragon Mall, Kamis (11/8/2022). (Solopos.com/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO–Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) resmi membuka Indonesia Shopping Festival (ISF) 2022 di Solo Paragon Mall, Kamis (11/8/2022).

Event belanja tersebut akan berlangsung dari 11-21 Agustus 2022 di pusat perbelanjaan di Indonesia, yakni Jakarta, Banten, Yogyakarta, Surabaya, dan Palembang sekaligus dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

APPBI sendiri menargetkan transaksi Rp8 triliun di seluruh ritel Indonesia selama ISF 2022.

Dalam acara pembukaan ISF 2022, hadir pula Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Kepala Bank Indonesia (BI) Solo Nugroho Joko Prastowo, dan Ketua Umum DPP APPBI Alphonzus Wijaja.

Baca Juga: Bangun Mal-Mal Baru, Pengusaha Siap Gelontorkan Rp8,25 Triliun

Gibran mengatakan mall menjadi salah satu sektor pendukung pertumbuhan ekonomi. Karenanya ia menilai mall harus terus buka meski situasi pandemi Covid-19 masih berlangsung.

“Intinya nanti ke depan kalau ada aturan terbaru untuk menutup mall mungkin di Solo beda. Saya ingin tetap mall buka, pertumbuhan ekonomi prioritas nomor satu,” kata Gibran.

Dalam rangka menggeliatkan pembelian masyarakat di pusat perbelanjaan, APPBI bersama ritel menyediakan diskon hingga 77%, tepat pada 77 tahun Republik Indonesia.

Ketua Umum DPP APPBI Alphonzus Wijaya mengatakan hal tersebut dilakukan untuk mendorong pemulihan industri ritel di seluruh Indonesia.

Baca Juga: SGS 2021 Jadi Harapan Pusat Perbelanjaan Solo untuk Dongkrak Transaksi

“Mudah-mudahan kegiatan ISF 2022 ini bisa membantu mendorong pemulihan industri ritel di seluruhIndonesia,” kata Alphonzus dalam sambutannya.

Tak hanya itu, APPBI juga menghadirkan pameran produk dalam negeri dan UMKM di seluruh pusat perbelanjaan, festival kuliner khas nusantara sesuai daerah masing-masing, serta pertunjukan kesenian daerah dan kolaborasi event masing-masing pusat belanja pada ISF 2022.

Kota Solo dinilai menjadi salah satu wilayah dengan perkembangan pusat perbelanjaan yang cukup pesat. Karenanya, Solo dipilih menjadi tempst pelaksanaan opening ceremony.

“Kota Solo dalam industri pusat perbelanjaan cukup pesat makanya dipilih menjadi salah satu tempat opening ceremony,” kata dia.

Baca Juga: Pengusaha Mal Minta Kenaikan Tarif PPN 11 Persen Ditunda, Ini Alasannya

Sementara itu Plt Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Syailendra mewakili Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, mengatakan pusat perbelanjaan telah mengalami masa berat saat Pandemi Covid-19, utamanya saat pemberlakuan PSBB dan PPKM.

Hal itu juga melahirkan perubahan kebiasaan masyarakat saat berkunjung ke pusat perbelanjaan.

Ia menyoroti munculnya e-commerce melahirkan perubahan perilaku masyarakat. Mereka tidak lagi sepenuhnya menjadikan pusat perbelanjaan menjadi tempat belanja. Namun, cenderung menjadikan pusat perbelajaan untuk kebutuhan rekreasi dan sosial.

“Kami mendorong pusat perbelanjaan meningkatkan kreativitas dan inovasi dengan memadukan unsur perdagangan dan pariwisata agar menarik minat konsumen,” kata Syailendra dalam sambutan virtualnya.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pemerintah Perpanjang Subsidi Kedelai Rp1.000 per Kilogram hingga Desember 2022

      Program memperpanjang subsidi kedelai untuk menjaga stabilitas harga kedelai di tingkat pengrajin yang saat ini mengalami kenaikan hingga Rp13.000 per kilogram.

      Berikut Daftar Lengkap Harga BBM Jenis Pertamax Terbaru di Seluruh Indonesia

      Harga Pertamax di wilayah Jawa, Bali, NTT, dan NTB, harga Pertamax turun Rp600 per liter. Sedangkan di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, Papua Barat harga Pertamax turun Rp650 per liter.

      Sasar Konsumen yang Batasi Gula, Yakult Light Diluncurkan

      PT Yakult Indonesia Persada meluncurkan produk baru, Yakult Light yang merupakan varian dari Yakult Original dengan kandungan gula lebih sedikit.

      Hari Ini Sabtu 1 Oktober 2022, Harga Pertamax Turun Jadi Rp13.900 per Liter

      Harga Pertamax turun dari Rp14.500 per liter menjadi Rp13.900 per liter mulai Sabtu (1/10/2022)

      Ayo Jalan-Jalan! Cek Jadwal Lengkap KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Informasi jadwal keberangkatan Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja perlu diketahu bagi para pelaju dan warga yang ingin jalan-jalan. 

      Berwisata Pakai Kebaya, The Sunan Hotel Solo Dukung #Kebaya Goes to Unesco

      The Sunan Hotel Solo kembali melakukan gerakan kampanye dukung #Kebaya Goes To Unesco.

      BRI Kembali Buka BFLP IT untuk Cari Talenta Unggul di Bidang IT

      Untuk terus bertumbuh menjadi perusahaan kelas dunia, BRI terus menjalankan program rekrutmen untuk mendapatkan SDM unggul di bidang IT melalui BFLP IT.

      Baznas Solo dan Solopos Apresiasi Perjuangan dan Kerja Keras Pengasong Koran

      Baznas Solo bersama Solopos Media Group (SMG) menyalurkan paket bantuan kepada 50 pengasong koran di Solo, Jumat (30/9/2022).

      46 Tenant Ramaikan Semarak SGS 2022 di Atrium Solo Square

      Event festival dan bazar tersebut digelar di Atrium Solo Square Mall Jl. Slamet Riyadi Solo akan berlangsung selama empat hari mulai Jumat (30/9/2022) hingga Senin (3/10/2022).

      Widodo Makmur Perkasa Perluas Pasar Daging Ayam ke China

      PT Widodo Makmur Perkasa (WMPP) akan memperluas pangsa pasar ke China.

      Perajin Tahu di Solo Tak Kesulitan Dapat Stok Kedelai, Tapi Harganya Mahal

      Sejumlah perajin tahu dan penjual bahan olahan kedelai di Kota Solo tak mengalami kesulitan mencari stok kedelai.

      Webinar Internasional hingga Membatik 12 Jam dalam Batik Art Festival 2022

      Berbeda dengan pelaksanaan sebelum-sebelumnya, tahun ini BAF lebih banyak melibatkan perguruan tinggi dan diwarnai dengan webinar empat negara serta kegiatan membatik 12 jam.

      Pengamat UNS: Penataan PKL TSTJ Solo Harus Mempertimbangkan Berbagai Faktor

      Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk menata pedagang kaki lima (PKL) dari Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), dinilai berpotensi menimbulkan masalah baru.

      SGIC V 2022 Wujud Apresiasi Tertinggi kepada Inovator Terbaik Perusahaan

      PT Semen Gresik (PTSG) memberikan apresiasi tertinggi kepada para innovator terbaik di lingkup perusahaan dalam ajang awarding Semen Gresik Innovation Convention (SGIC) V 2022.

      Harga 43 Komoditas Pangan Pasar Legi Solo Stabil

      Harga komoditas pangan di dua pasar di Kota Solo terpantau stabil.

      Antam dan UBS Kompak Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Jumat 30 September 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Jumat (29/9/2022) hari ini kompak naik untuk kadar 24 karat UBS dan Antam.