Indonesia Segera Punya Kapal Canggih Ini, China Bakal Takut Wara-Wiri di Laut Natuna

Indonesia telah mendapat lisensi dari Inggris untuk membuat kapal Fregate 140 Arrohwead, salah satu kapal perang tercanggih saat ini.

 Kapal Frigate Arrowhead 140 buatan Inggris. (navalnews.com)

SOLOPOS.COM - Kapal Frigate Arrowhead 140 buatan Inggris. (navalnews.com)

Solopos.com, JAKARTA — Indonesia disebut-sebut bakal memiliki kapal perang canggih dengan teknologi terkini. Kapal perang ini akan membuat takut kapal-kapal asing yang berkonfrontasi di laut Indonesia.

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, dilaporkan telah menjalin kerja sama dengan Inggris untuk membawa pulang teknologi kapal perang canggih jenis Frigate tipe Arrowhead 140.

Perusahaan pembuat kapal nasional PT PAL mendapatkan lisensi untuk membuat kapal Frigate dari perusahaan asal Inggris, Babcock. Dengan adanya lisensi ini akan memungkinkan PAL untuk membangun dua Frigate Arrowhead 140 di Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. Dia menyebut kapal ini merupakan yang tercanggih dari kapal perang yang ada.

Baca Juga: Mendarat di Gurun Gobi, 3 Astronaut China Ditandu

“Frigate tipe Arrowhead 140 bikinan Inggris yang teknologinya dibawa pulang Prabowo adalah kapal perang ringan tercanggih yang ada sekarang,” kata Dasco, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/9/2021), seperti dilansir dari detik.com.

Spesifikasi

Frigate adalah jenis kapal perang ringan dengan kecepatan tinggi dan kemampuan manuver yang dilengkapi teknologi militer canggih terkini. Arrowehad 140 dipersenjatai dengan rudal-rudal antipesawat juga torpedo antikapal selam yang membuatnya mampu memberikan pertahanan terhadap ancaman udara dan laut.

Kapal ini juga punya kemampuan untuk menjadi kapal induk mini bagi helikopter angkatan laut baik untuk misi antar jemput personel, maupun misi penyelamatan SAR (Search and Rescue).

Dasco mengatakan kerja sama ini akan menciptakan ratusan kapal Frigate. Dia yakin, adanya kapal itu akan membuat China takut berkeliaran di Indonesia.

“Kesepakatan antara Prabowo dengan Angkatan Laut Kerajaan Inggris memberikan alih teknologi kepada PT PAL produsen kapal laut Indonesia untuk bisa memproduksi ratusan bahkan ribuan Frigate canggih ini,” ujarnya.

Baca Juga: Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

“Yakinlah angkatan laut China akan gemetar melihat Frigate tipe Arrowhead 140 berpatroli di lautan Indonesia, dan akan berpikir dua kali untuk wara-wiri di lautan Natuna lagi,” lanjut Dasco.

Pemerintah Indonesia dan Inggris sepakat memperkuat kerja sama pertahanan. Salah satunya dengan menyepakati kerja sama pembangunan kapal perang canggih buatan Inggris di Indonesia.

Dibuat di Surabaya

Seperti disampaikan keterangan pers Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia, Jumat (17/9/2021), kedua negara menyepakati agar Angkatan Laut kedua negara segera mengoperasikan kapal frigate atau fregat yang sama. Kapal fregat merupakan sebuah tipe kapal perang yang dibangun dengan mengutamakan kecepatan dan kemampuan manuver.

Disebutkan bahwa kapal perang canggih buatan Inggris akan dibangun di Indonesia dengan kerja sama antara Babcock, perusahaan kedirgantaraan, pertahanan dan keamanan yang berbasis di Inggris, dengan PT PAL Indonesia (Persero), Badan Usaha Milik Negara yang membangun dan memelihara kapal untuk penggunaan militer dan komersial yang berbasis di Surabaya.

Baca Juga: Kapal Induk Tertua di Dunia Ini Akhirnya Dipensiunkan

“Hari ini Babcock menyetujui kesepakatan lisensi untuk PT PAL Indonesia (Persero) untuk memproduksi kapal tersebut di Indonesia dan akan dikerjakan oleh ‘tangan-tangan’ Indonesia, dengan desain khusus serta spesifikasi yang memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Indonesia,” demikian seperti disampaikan Kedubes Inggris dalam keterangan persnya.

Penandatanganan perjanjian kerja sama itu dilakukan oleh pihak Babcock dan PT PAL Indonesia di London pada Kamis (16/9/2021) waktu setempat. Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, bersama Menteri Pertahanan Inggris, RT. Hon Ben Wallace MP, menyaksikan penandatanganan tersebut.


Berita Terkait

Berita Terkini

Miris! Pemuda Ini Meninggal Gegara Duburnya Dipompa Teman yang Jail

Nasib malang menimpa seorang pemuda yang dijaiil temannya dengan memompa kompresor ke duburnya.

Polisi Usut Video Mesum Pemain Game Online

Wanita dalam video itu disebut merupakan salah satu gamers atau pemain game online dengan nama samaran Lele.

Skandal Aborsi Aktor Kim Seon Ho dan Kisah Babybox di Korea Selatan

Penggemar drama Korea Selatan sedang dihebohkan dengan skandal aktor Kim Seon Ho yang mendorong kekasihnya untuk aborsi.

Lorong Misterius di Bawah Kodim Banyuwangi, Semisterius Apa?

Kodim 0825 Banyuwangi dulunya adalah kediaman warga Belanda, lorong bawah tanah diduga tempat persembunyian,

Indonesia Kembali Terima Bantuan 1,2 Juta Dosis Vaksin

Pemerintah Indonesia kembali menerima bantuan jutaan dosis vaksin AstraZeneca. Vaksin ini merupakan bantuan dari negara sahabat.

Lima Besar Kandidat Penerima Kusala Sastra Khatulistiwa 2021

Penyair Raedu Basha mengatakan sastra Indonesia berkembang dari upaya anak-anak muda yang terus berusaha membuat sastra Indonesia berkembang.

Tolak Damai, Korban Pencabulan Kapolsek Tuntut Hukuman Maksimal

Keluarga menyambut baik kecepatan Polda Sulteng dan langsung mengusut serta mencopot Iptu I Dewa Gede Nurate itu dari jabatannya.

ANIES Deklarasikan Anies Baswedan Capres 2024

Deklarator ANIES, Laode Basir, mengatakan kegiatan ini bermula dari diskusi empat tahun kepemimpinan Anies Baswedan di Jakarta.

SBY Pamer Lukisan Replika Jepretan Almarhumah Istri, Langit Senja

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY memamerkan lukisan terbarunya, langit senja, merupakan replika foto karya almarhumah Ani Yudhoyono.

Banyak Warga Jepang Meninggal Sendirian, Inovasi AI Bantu Temukan Jasad

Meningkatnya fenomena orang tua yang meninggal sendirian di Jepang membuat agen rumah kemudian menolak penyewa lebih tua.

Berebut Debitur, Ormas dan Debt Collector Bentrok di Tangerang

Polres Metro Tangerang Kota menangkap 13 orang dari salah satu ormas seusai bentrok.

Ini Catatan Pukat UGM terkait 2 Tahun Kinerja Jokowi dan Ma'ruf Amin

Pusat Kajian Anti-Korupsi Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM) menilai kinerja Jokowi dan Ma'ruf Amin selama dua tahun masih jauh dari harapan.

Presiden Erdogan Punya Sapaan Akrab untuk Jokowi, Mau Tahu?

Khusus di era sekarang ini, hubungan antara Presiden Jokowi dan Recep Tayyip Erdogan sangat mesra.

Ungkap Narkoba di Medan, Polisi Tahan 8 Tersangka dan Sita 23 Kg Sabu 

Penangkapan delapan orang itu dilakukan dalam waktu berbeda. Didapatkan barang bukti sabu sebanyak 23 kg dari tersangka di Medan.

Hina Habib Rizieq, McDanny: Beri Saya Kesempatan Kedua

McDanny berharap mendapatkan kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahannya.

Destinasi Wisata Tak Seindah Fotonya, Aplikasi China Diprotes

Media sosial dan platform gaya hidup Xiaohongshu meminta maaf karena membiarkan sejumlah pengguna membuat filter foto destinasi wisata yang hasilnya dianggap terlalu bagus.