Indonesia Punya Potensi Logam Paling Langka di Dunia!

Potensi logam tanah jarang di Indonesia terbilang menjanjikan jika melihat potensi yang masih tersimpan dan belum tereksplorasi.

 Ilustrasi pertambangan minyak (Reuters-Ernest Scheyde)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pertambangan minyak (Reuters-Ernest Scheyde)

Solopos.com, JAKARTA — Potensi logam tanah jarang di Indonesia terbilang menjanjikan jika melihat potensi yang masih tersimpan dan belum tereksplorasi. Cadangan yang jenis logam yang paling langka di dunia itu pun tersebar setidaknya di 3 pulau besar di Tanah Air.

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat, berdasarkan hasil penyelidiikan sepanjang periode 2009-2020, setidaknya terdapat 4 wilayah yang dinyatakan menyimpan potensi logam tanah jarang dalam jumlah besar.

PromosiPentagon Buka Suara Soal UFO, Bukan Fiksi dan Jadi Ancaman Serius

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Eko Budi Lelono menjelaskan logam tanah jarang terdiri atas 17 unsur yaitu 15 unsur dari grup lantanida ditambah Y (Yttrium) dan Sc (Scandium), semuanya memiliki kesamaan sifat kimia, sehingga keberadaannya biasanya didapat secara bersama dalam suatu mineral pembawa logam tanah jarang.

Di Indonesia, kata Eko, mineral pembawa logam tanah jarang yang sudah terkonfirmasi di antaranya adalah monasit dan xenotim dari pertambangan timah. Logam tanah jarang dari pertambangan bauksit biasanya mengandung logam Yttrium (Y) sedangkan dari pertambangan nikel didapat kandungan logam Sc (Scandium).

Baca Juga: Investasi Emas Tetap Kompetitif di 2022? Ini Kata Analis

“Sumber potensi logam tanah jarang yang telah diidentifikasi dari pertambangan timah, tambang bauksit, dan tambang nikel,” ujar Eko kepada Bisnis, Rabu (26/1/2022).

Dia menjelaskan, keterdapatan dan potensi logam tanah jarang di Indonesia dijumpai di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi dengan berbagai jenis endapan. Di Sumatera diperkirakan memiliki sumber daya mendekati 20.000 ton berupa endapan laterit, yaitu di Sumatera Utara (Tapanuli Utara), sedangkan di bagian Sumatera lainnya ditemukan berupa lokasi-lokasi indikasi.

Sementara itu di Bangka Belitung kandungan logam tanah jarang dijumpai bersama dengan endapan timah dan memiliki sumber daya logam tanah jarang dalam bentuk mineral monasit lebih dari 186.000 ton, dan berupa xenotim lebih dari 20.000 ton dalam endapan alluvial timah.

Selain itu, Kalimantan Barat memiliki potensi logam tanah jarang tipe laterit sebesar 219 ton, sedangkan di Sulawesi Tengah sumber daya logam tanah jarang jenis laterit sekitar 443 ton.

Baca Juga: Logam Tanah Jarang di Lumpur Lapindo Dukung Pengembangan Mobil Listrik

“Saat ini belum tersedia data cadangan, baru sebatas sumber daya hipotetik dan tereka,” ungkapnya.

Dia menuturkan, tren permintaan logam tanah jarang didominasi oleh magnet permanen dan katalis dengan jumlah lebih dari 60 persen dari total konsumsi global. Namun secara nilai nominal, magnet permanen berkontribusi lebih dari 90 persen dari keseluruhan nilai logam tanah jarang dunia.

Dengan demikian, unsur logam tanah jarang yang banyak diproduksi dunia adalah terkait dengan magnet permanen dan katalis yaitu cerium, lantanum, dan neodimium.

“Selain itu karena jenis mineral yang banyak diolah adalah basnasit dan monasit yang mengandung unsur erium, lantanum, dan neodimium paling dominan,” jelasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

+ PLUS Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

Gelombang panas ekstrim menghantam India dan Pakistan dengan cuaca bertemperatur tinggi hingga 50 derajat celcius yang membuat aspal meleleh dan diprediksi bakal lebih buruk akibat krisis iklim.

Berita Terkini

PLN Siapkan Pengamanan Berlapis Dukung Kelancaran UTBK SBMPTN 2022

PLN pastikan keandalan listrik saat pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2022 di Jateng dan DIY.

Keren, Pegawai BRI Ini Harumkan Nama Bangsa di SEA Games Vietnam

Bagi Muhammad Chuwaizam atau biasa dipanggil Izam, 33, menjadi pegawai di salah satu perusahaan BUMN tidak menghalangi cita citanya untuk berprestasi

Telanjur Transfer Uang? Ini Cara Blokir Rekening Penipu

Di era digital yang marak penipuan online, mengetahui cara memblokir rekening penipu sangat penting untuk diketahui.

Antam Naik Tipis, Cek Harga Emas Pegadaian Kamis 26 Mei 2022

Pergerakan harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (25/5/2022) ini terpantau turun untuk cetakan UBS dan naik untuk cetakan Antam.

Hindari Klaim Asuransi Gagal Bayar, Ini Rahasia BRI Life

PT Asuransi BRI Life memiliki strategi khusus dalam mengantisipasi potensi klaim asuransi gagal bayar.

Tidak Sulit, Begini 3 Cara Cek Rekening Penipu Secara Online

Bukan hanya pihak berwenang, cara cek rekening penipu secara online juga bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja.

Pernikahan Adik Jokowi Kerek Okupansi, Anwar Usman Nginap di Hotel Ini

Momen pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi mampu mendongkrak okupansi hotel-hotel di Kota Solo.

Semen Gresik Sukses Kampanye Zero Gratification pada Idulfitri 1443 H

Kampanye zero gratification sukses dilaksanakan, PT Semen Gresik (PTSG) mencatat nihil gratifikasi selama Idulfitri 1443 H.

Hadiri WEF 2022, Dirut BRI Tegaskan Komitmen Dorong Inklusi Keuangan & ESG

Topik yang menjadi bahasan utama dalam WEF 2022 di antaranya adalah globalisasi, digitalisasi, implementasi ESG Global, serta inklusi keuangan.

Kurs Rupiah Ditutup Menguat Rp14.617,5 per Dolar AS, Rabu (25/5/2022)

Melemahnya dolar telah berhenti baru-baru ini karena kemungkinan Federal Reserve mempercepat misi kenaikan suku bunganya pada akhir tahun.

Subsidi Minyak Goreng Dicabut, Inflasi Mengintai

Ekonom Institute of Development on Economics and Finance (Indef) Esther Sri Astuti mengatakan harga minyak goreng seharusnya kembali ke normal, yaitu di kisaran Rp10.000 hingga Rp15.000 per liter.

Jokowi Optimistis Harga Minyak Goreng Rp14.000 Per Liter Pekan Depan

Pemerintah, menurut Jokowi, sudah menemukan titik terang penyebab sekaligus solusi atas mahalnya harga minyak goreng.

Kartu Prakerja Gelombang 30 Dibuka, Begini Syarat dan Cara Daftarnya

Lewat akun Instagram @prakerja.go.id, pendaftaran program kartu prakerja gelombang 30 diumumkan telah dibuka pada Sabtu (21/5/2022).

Peran Mantri BRI Perkuat Financial Advisory dan Perekonomian Desa

Selaku tenaga pemasar, Mantri BRI mengidentifikasi wilayah bisnis sebagai suatu ekosistem.

Mantap, Iuran BPJS Kesehatan Tak Naik hingga 2024

Manajemen Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan tidak ada kenaikan iuran hingga 2024.

Setelah dari OVO, Mansek, TLDN, Mirza Adityaswara Mundur dari TOWR

Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terpilih periode 2022-2027 Mirza Adityaswara, kembali mengundurkan diri dari jabatan komisaris Independen PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR).