SOLOPOS.COM - Indonesia Premier League

Solopos.com, JAKARTA—PSSI melalui rapat Komite Eksekutif (Exco) memutuskan kelanjutan kompetisi Indonesia Premier League (IPL) yang dikelola PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) menggunakan format playoff dan terbagi atas dua grup.

“Ini adalah salah satu proses unifikasi. Setelah melakukan pertandingan playoff, tahapan selanjutnya adalah melakukan verifikasi,” kata Sekjen PSSI Joko Driyono di Jakarta, Kamis (3/10/2013), seperti dilansir Antara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sesuai dengan rencana, kata dia, pertandingan playoff IPL ini digelar di dua kota yaitu Jepara dan Bantul. Waktu pertandingan diperkirakan selama dua pekan dan awal pertandingan antara tanggal 13 atau 16 Oktober.

Ekspedisi Mudik 2024

Dengan menggunakan format playoff maka menggugurkan format yang sebelumnya telah ditetapkan pada Kongres PSSI Borobudur Jakarta. Saat itu diputuskan empat tim terbaik IPL langsung lolos ke kompetisi ISL musim depan.

“Pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi. Tiga tim terbaik masing-masing grup nantinya akan diverifikasi bersama Semen Padang,” katanya menambahkan.

Semen Padang yang baru saja menyelesaikan pertandingan perempat final Piala AFC mendapatkan perlakukan khusus dengan mendapatkan wild card sehingga tidak perlu turun di playoff.

Hal ini didasarkan pada sejarah klub dan merupakan klub tertib administrasi. Joko menambahkan meski ada tujuh klub yang akan diverikasi bukan berarti semuanya akan turun di kompetisi ISL musim depan. Hanya empat klub dengan nilai terbaik saja yang berhak bergabung dengan 18 klub ISL yang telah ada.

Meski telah menentukan lokasi pertandingan dan grup, PSSI belum menentukan siapa klub yang akan mengisi dua grup yang telah dipersiapkan. Sesuai dengan rencana undian baru dilakukan di Kantor PSSI Jakarta, pada Jumat (4/10/2013).

“Undian akan dikondisikan lebih ke geografis. Persiraja tidak mungkin satu grup bersama PSLS Lhokseumawe, PSM tidak mungkin berada satu tempat dengan Perseman Manokwari,” kata Joko Driyono menjelaskan.

Berdasarkan data yang ada, dari 16 klub yang turun di kompetisi IPL hanya 11 klub yang berhak mengikuti proses unifikasi. Mereka akan bersaing untuk menjadi empat klub terbaik dan berhak mengikuti kompetisi baru di Indonesia. Sebanyak 11 klub itu adalah Semen Padang, Pro Duta, Perseman Manokwari, Persiba Bantul, PSM Makassar, PSIR Rembang, Persijap Jepara, Persepar Palangkaraya, Persiraja Banda Aceh, PSLS Lhokseumawe, dan Bontang FC.

Meski menggunakan sistem playoff, kompetisi IPL tetap akan mendapatkan juara. Juara akan didapatkan dengan mempertemukan juara masing-masing grup playoff. Selanjutnya sang pemenang akan menghadapi Semen Padang demi mendapatkan predikat juara IPL musim 2012/2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya