JAKARTA: Yayasan Indonesia Mengajar berencana membuka 50 perpustakaan sekolah dasar bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2011 dengan mengambil lokasi di lima kabupaten di wilayah Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Pembukaan perpustakaan di sejumlah kabupaten tersebut sebagai upaya mencerdaskan bangsa melalui program perpustakaan “Indonesia Menyala” yang diluncurkan melalui jejaring sosial.

Pendiri dan Ketua Gerakan Indonesia Mengajar Anies Baswedan mengatakan, program perpustakaan “Indonesia Menyala” ini berawal dari pengamatan sejumlah pengajar muda yang disebar di kabupaten-kabupaten sejak November 2010.

“Mereka melihat mayoritas anak didik mereka kekurangan bahan bacaan yang bermutu. Ide dasar program ini bukan sekedar masyarakat menyumbang buku, tetapi juga mendukung pengajar muda di daerah,” ujarnya dalam keterangan resmi, hari ini.

Program perpustakaan ini dijalankan oleh kelompok kerja pusat dan lima kelompok kerja daerah bekerjasama dengan Indonesia Mengajar. Masyarakat dapat terlibat aktif dan berkontribusi pada program ini dengan bergabung pada akun facebook Indonesia Menyala dan twitter @penyala, mulai Jumat, 15 April 2011.(Bisnis Indonesia/JIBI/Stefanus Arief S)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten