SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Indonesia-Malaysia Youth Exchange Programe 2015 atau pertukaran pemuda Indonesia-Malaysia diselenggarakan di Solo.

Solopos.com, SOLO — Kota Solo menjadi tuan rumah dalam acara Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP) atau pertukaran pemuda Indonesia-Malaysia tahun 2015. Program yang bertujuan untuk mempererat hubungan baik antara Indonesia-Malaysia ini diikuti 20 anggota delegasi dari masing-masing negara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelaksana Humas Panita Penyelenggara IMYEP 2015 di Solo, anggota Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Jawa Tengah dan Kementerian Pemuda dan Olahraga, M Fidhzariyan Kusuma Utama, dalam siaran persnya, Jumat (17/10/2015), menyebutkan setelah menjalani fase Malaysia, 40 peserta IMYEP masuk fase Indonesia yang dilaksanakan di Kota Solo.

“Kegiatan selama di Kota Solo akan mengambil tempat di beberapa lokasi dimulai dari tanggal 16-23 Oktober 2015. Di kota ini para peserta akan belajar berbagai macam hal dengan agenda seperti kunjungan ke institusi pemerintahan, pendidikan, industri, dan media, berlatih memainkan gamelan, serta kunjungan ke tempat-tempat menarik di Solo dan sekitarnya,” papar Fidhzariyan.

Disebutkan, delegasi IMYEP 2015 akan belajar tentang warisan budaya di Keraton Kasunanan Surakarta, workshop batik tulis di Kampung Batik Laweyan serta belajar memainkan gamelan di SMK N 8 Surakarta.

Delegasi, kata dia, juga akan melakukan kunjungan resmi dengan Pelaksana Tugas Wali Kota Solo di Balai Kota Solo. Selain itu, delegasi akan melakukan kunjungan industri di PT Sri Rejeki Tekstil serta kunjungan media di Solopos.

Destinasi lain yang akan menjadi tempat kegiatan delegasi antara lain Keraton Mangkunegaran, Pasar Antik Triwindu, ISI Surakarta serta Kompleks Candi Prambanan.

IMYEP 2015 diselenggarakan selama kurang lebih tiga minggu, dari tanggal 1-25 Oktober 2015. Kegiatan IMYEP 2015 terdiri dari empat kegiatan, yaitu Pre-Departure Training (PDT), Fase Malaysia, Fase Indonesia dan Re-Entry.

“Selama kurang lebih satu minggu berada di Solo, seluruh delegasi baik dari Indonesia maupun Malaysia akan tinggal bersama orang tua angkat yang berada di Kelurahan Kauman,” jelas Fidhzariyan.

Delegasi juga akan mendapat kesempatan untuk melakukan berbagai kegiatan antara lain kunjungan warisan budaya, courtesy call, kunjungan industri, pertunjukan seni dan budaya serta mengelilingi Kota Solo.

Disebutkannya, Pertukaran Pemuda Indonesia-Malaysia (PPIM) atau lebih dikenal dengan Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP) adalah bentuk implementasi dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesai dan Kementerian Belia Sukan Malaysia pada tahun 1979, setiap tahunnya baik Indonesia maupun Malaysia mengirimkan pemuda-pemudi terbaiknya untuk mengikuti program pertukaran pemuda Indonesia-Malaysia.

IMYEP merupakan salah satu program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia setiap tahun. PPAN mencakup berbagai negara, antara lain Malaysia, Tiongkok, India, Korea Selatan, Australia dan Jepang. (JIBI/SOLOPOS/*)

Inilah para peserta Indonesia-Malaysia Exchange Programe yang akan tinggal di Solo. Ist/kemenpora

Inilah para peserta Indonesia-Malaysia Exchange Programe yang akan tinggal di Solo. Ist/kemenpora

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya