SOLOPOS.COM - Ilustrasi transportasi laut (Dok/JIBI)

Ilustrasi transportasi laut (Dok/JIBI)

JAKARTA—Kemnterian Perhubungan menyatakan Indonesia kekurangan sumber daya manusia di bidang transportasi laut sebanyak 7.000 orang.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Menteri Perhubungan E. E. Mangindaan menjelaskan kekurangan tenaga pelaut dikarenakan pertumbuhan kapal yang tidak seimbang dengan pertumbuhan pelaut Indonesia.

Mangindaan menambahkan kekurangan sumber daya manusia di bidang transportasi laut itu meliputi nahkoda kapal dan perwira mesin.

“Pertumbuhan SDM pelaut kita tidak seimbang dengan pertumbuhan kapal. Kita hanya mampu ciptakan 1.500 pelaut dan tugas Kepala BPSDM Kemenhub yang baru untuk melipatkgandakan,” ujarnya di sela-sela pelantikan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub di Jakarta, Kamis (21/2).

Dia menjelaskan dengan adanya peningkatan SDM pelaut dapat mendukung peningkatan pertumbuhan kapal yang akan berdampak pada konektivitas sejumlah pelabuhan di Indoensia.

Menurutnya dengan adanya konektivitas sejumlah pelabuhan di Indonesia maka mendukung program sistem logistik nasional dan masterplan percepatan dan perluasan pembanguan ekonomi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya