SOLOPOS.COM - Trofi Piala Dunia U-17. (Twitter/@PSSI).

Solopos.com, JAKARTA–Indonesia secara otomatis akan menjadi kontestan putaran final Piala Dunia U-17 2023 setelah FIFA secara resmi memutuskan ajang tersebut digelar di Tanah Air, 10 November-2 Desember mendatang.

Hal itu menjadi berkah tersendiri bagi Indonesia lantaran sebelumnya skuad Garuda Muda tak lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Sesuai ketentuan, Piala Asia itu menjadi filter penentu tim yang berhak ke Piala Dunia U-17 2023.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sebelumnya, timnas U-17 di bawah asuhan Bima Sakti mempu menjuarai Piala AFF U-17 2023. Pada kejuaraan antarklub se-Asia Tenggara itu, Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan meraih gelar juara setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 pada laga final yang dimainkan di Stadion Maguwaharjo, Sleman, Agustus 2022.

Sayangnya, kegemilangan Garuda Muda tidak berlanjut hingga kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Saat itu, setelah meraih tiga kemenangan pada tiga laga awal, timnas muda harus mengubur mimpi gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 karena kalah 1-5 dari Malaysia pada laga terakhir.

Sebagai informasi, masih ada empat slot peserta Piala Dunia U-17 2023 yang belum terisi. Empat slot itu merupakan jatah wakil dari Asia. Empat tim yang akan mengisi kuota tersebut ditentukan melalui hasil Piala Asia U-17 2023 yang saat ini sedang bergulir.

Dikutip dari akun Instagram resmi pelaksana AFC Asian Cup, @afcasiancup, Minggu (25/6/2023), terdapat delapan tim yang lolos ke babak perempat final.

Tim itu meliputi dari Grup A Thailand dan Yaman, Grup B Iran dan Korea Selatan, Grup C Arab Saudi dan Australia, serta Grup D Jepang dan Uzbekistan.

Masing-masing tim di setiap grup merupakan pemuncak dan runner up klasemen grup.

Meski keikutsertaan Indonesia diperoleh dari jalur tuan rumah, bagi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir tidak ada alasan untuk tak memberikan yang terbaik dalam ajang tersebut.

Oleh karena itu, PSSI bakal mempersiapkan timnas U-17 Indonesia secara serius untuk menghadapi Piala Dunia U-17 2023.

Erick Thohir memastikan mengirim pemain terbaik  ke ajang empat tahunan yang semula direncanakan digelar di Peru itu. Mereka bakal dilatih Bima Sakti.

Mantan Presiden Inter Milan tersebut menyebut pembentukan timnas U-17 akan melewati tahapan, mulai seleksi dari sembilan wilayah kemudian pemain digabungkan.

Kemudian, para pemain akan menjalani training camp (TC) pada Juli-Agustus. Selanjutnya, September-Oktober akan dikirim ke luar negeri untuk melawan tim-tim dari Eropa, Asia, hingga Afrika.

“Lalu kita lihat juga, untuk persiapan, kami akan mengirimkan tim terbaik, siapapun mereka. Kenapa kita seleksi di sembilan kota? Kenapa kita latihan di Eropa? Ya kita ingin membuat tim terbaik. Kapan lagi kita main di Piala Dunia, walaupun [berpartisipasi karena] sebagai host. Siapa tahu hasilnya baik, apa pun hasilnya nanti,” ucap Erick yang juga Menteri BUMN  itu saat konferensi pers mengenai Indonesia yang ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 di Menara Danareksa dikutip dari Antara, Minggu (25/6/2023).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya