SOLOPOS.COM - Toyota FT 1 yang bakal tampil di both Toyota pada IIMS 2014 (Toyota.astra.co.id)

Solopos.com, JAKARTA — PT Toyota Astra Motor (TAM) menyiapkan tiga mobil konsep dengan teknologi terkini untuk dipamerkan dalam pameran mobil terakbar Indonesia, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, yang digelar di Jakarta International Expo (JI Expo) Kemayoran, Jakarta, mulai Kamis (18/9/2014). Satu dari tiga mobil konsep yang ditampilkan dalam pameran yang bakal berlangsung hingga 28 September 2014 itu diproduksi tahun 2015 mendatang, khusus untuk dipasarkan di Amerika Serikat dan Jepang.

General Manager Corporate Planning and Public Relations PT Toyota Astra Motor, Widyawati, mengatakan di IIMS 2014 ini Toyota menampilkan 35 jenis mobil dengan tiga di antaranya adalah mobil konsep. ketiga mobil konsep tersebut adalah Fuel Cell Vehicle (FCV), Fun Vehicle 2 (FV 2), FT 1.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tapi baru FCV yang baru bisa diproduksi pada tahun depan,” ujar Widyawati kepada wartawan di Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Mobil konsep jenis FCV akan dipasarkan ke Amerika Serikat dan Jepang karena baru kedua negara tersebut yang sudah siap infrastrukturnya. FCV merupakan kendaraan berbahan bakar hidrogen yang menggunakan teknologi fuel cell sebagai penggerak utama.

Berbasis Elektrokimia
FCV merupakan kendaraan masa depan dari Toyota untuk dunia dan merupakan kendaraan hybrid yang menggunakan kombinasi fuel cell plus baterai. “Fuel cell merupakan teknologi berbasis elektrokimia, di mana teknologi tersebut mengonversi energi kimia menjadi energi listrik. Mobil ini tidak menghasilkan emisi gas buang dan hanya menghasilkan air,” papar Widyawati.

Dia belum bisa memastikan kapan mobil tersebut bakal dipasarkan di Indonesia. “Kami tidak tahu kapan bakal dipasarkan di Indonesia. Sebab, infrastrukturnya di sini [Indonesia] belum siap,” ujar Widyawati sembari mempersilakan kepada masyarakat untuk melihat langsung tiga mobil konsep tersebut di arena IIMS 2014.

Dia menambahkan pada ajang IIMS 2014 ini, Toyota menampilkan sesuatu yang beda ketimbang IIMS tahun lalu. “Tahun lalu, kami cuma menampilkan satu mobil konsep. Sekarang tiga. Di ajang IIMS tahun ini, kami bukan untuk pindah showroom, tapi kami ingin berbagi informasi,” ungkap dia.

Sementara itu, di IIMS 2014 Toyota mengusung tema Creating Tomorrow for Indonesia di mana Toyota menghadirkan booth berdesain merah putih sebagai wujud komitmen pengembangan industri otomotif nasional dan semangat keindonesiaan di acara IIMS 2014. Dalam acara yang berlangsung 18-28 September tersebut, Toyota tampil di booth dengan luas 2.850 m2 atau yang tersebar di ajang IIMS 2014.

“Toyota Indonesia telah hadir sejak 43 tahun lalu dengan semangat tumbuh bersama Indonesia. Bersama seluruh stakeholder, kami ingin melanjutkan dalam kontribusi untuk pembangunan ekonomi dan pengembangan sektor industri otomotif,” ujar Vice President Director PT TAM, Suparno Djasmin, dalam siaran persnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya