SOLOPOS.COM - Toyota FT-1 abu-abu debut di Pebble Beach Concours D'Elegance California (autonationdrive.com)

Solopos.com, JAKARTA — Both PT Toyota Astra Motor (TAM) pada pameran mobil terakbar Indonesia, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, di Jakarta International Expo (JI Expo) Kemayoran, Jakarta, bakal menampilkan 35 jenis mobil dengan tiga di antaranya mobil konsep. Satu di antara tiga mobil konsep itu adalah FT-1.

PT TAM melalui laman resminya, Toyota.astra.co.id, sejak beberapa hari lalu telah mengunggah ulasan terkait mobil konsep yang bakal dipamerkan hingga 28 September 2014 mendatang itu. Sebagaimana dipantau Solopos.com, Kamis (18/9/2014), laman itu mendedikasikan hadirnya mobil konsep FT-1 di Indonesia itu bagi para penggemar Toyota FT-1 di game Gran Turismo 6.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ada kesempatan emas untuk menyaksikan langsung sosok utuh mobil ini.  Toyota FT-1  Concept  akan hadir di Jakarta. Tepatnya di pameran mobil Indonesia International Motor Show 2014 yang berlangsung mulai 18 September mendatang,” tulis pengelola laman itu.

FT-1 adalah singkatan dari Future Toyota 1. Mobil konsep yang belum diproduksi massal itu kali pertama diperkenalkan di Detroit Motor Show 2014 , Januari 2014 lalu. Hingga kini, baru ada dua unit FT-1 yang diperkenalkan kepada publik. Mobil FT-1 pertama yang muncul di Detroit Motor Show berwarna merah, sedangkan FT-1 kedua berwarna graphite grey. Mobil abu-abu itu kali pertama muncul di Pebble Beach Concours D’Elegance California, belum lama ini.

Toyota FT-1, menurut Toyota.astra.co.id, adalah buah kerja keras rumah desain Toyota CALTY di California Selatan. “Lahir dalam sosok desain dramatis  menjadi bentuk penghargaan terhadap sejarah panjang mobil-mobil sports Toyota mulai dari era Toyota GT2000 hingga MR2 sampai Supra dan terakhir GT86. Konsep ini juga realisasi dari visi Akio Toyoda untuk menyisipkan lebih banyak waku-doki dalam rancangannya. Waku-doki adalah istilah Aoki Toyoda untuk sensasi jantung berdebar-debar karena begitu girangnya saat menikmati sesuatu.”

Dipaparkan kemudian, betapa coupe itu dirancang dengan penggerak roda belakang yang memiliki bonnet panjang seperti Toyota GT2000. Garis-garis tubuhnya tidak kaku tapi menari dinamis sehingga membentuk sosok dramatis. Pada bagian depan mobil ini terdapat sepasang air intake besar dan fender mengembung yang sangat intimidatif. “Siapapun yang melihatnya akan menyadari bahwa mobil ini tidak main-main,” demikian kalimat promotif Toyota.astra.co.id.

Sedangkan soal interior, laman resmi PT TAM itu mengklaim FT-1 sarat teknologi canggih yang terinspirasi mobil-mobil Formula 1. Pasalnya, mobil ini dilengkapi dengan head up display yang menampilkan semua informasi penting yang dibutuhkan pengemudi. Kursi-kursinya ergonomis dan futuristik. Pilar A ditarik ke belakang sehingga pengemudi memiliki visibilitas sangat baik saat menikung.

Pada bagian belakang, air diffuser diklaim PT TAM membuat tampilan FT-1 menjadi sangat menarik. Terlebih lagi ditambah dua ujung knalpot dan sayap belakang yang bisa bergerak aktif. “Yang masih jadi pertanyaan, FT-1 mana yang akan dihadirkan di Jakarta. Merah atau abu-abu? Jawabannya ada di anjungan Toyota di Hall D, Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta,” papar pengelola laman itu menyugesti pembaca untuk hadir di both Toyota pada IIMS 2014.

Lebih menggoda lagi, pengelola anjungan luas bertajuk Creating Tomorrow for Better Indonesia itu juga menjanjikan pengunjung untuk bisa menikmati sensasi mengendarai sports car masa depan itu lewat simulator FT-1. Berminat berkunjung?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya