SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Indonesia mengirimkan bantuan beras untuk Sri Lanka yang mengalami kerawanan pangan.

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia memberikan hibah beras 5.000 metrik ton (MT) untuk Sri Lanka. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan itu di Kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara, Selasa (14/2/2017) pagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beras bantuan itu diangkut menggunakan sekitar 30 unit kontainer ukuran 20 kaki untuk dibawa ke Pelabuhan Tanjung Priok yang selanjutnya akan diangkut menggunakan kapal laut ke Sri Lanka.

Acara pelepasan pengiriman hibah itu dilakukan di halaman Gudang Nomor 20 Kawasan Pergudangan Sunter Bulog Divisi Regional DKI Jakarta Jl. Perintis Kemerdekaan Nomor 1 Kelapa Gading Jakarta Utara.

Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang tiba di lokasi acara sekitar pukul 08.55 WIB. Dia mengatakan Indonesia sebagai sahabat Sri Lanka sudah sepantasnya membantu negara itu yang saat ini menghadapi kerawanan pangan akibat kekeringan berkelanjutan.

“Sebagai sahabat di Asia, sudah sepantasnya kita bersama Sri Lanka menghadapi situasi yang sulit. Bantuan pangan ini merupakan permintaan langsung dari Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena yang disampaikan kepada saya melalui Dubes Sri Lanka di Jakarta,” kata Presiden.

Ia menyebutkan permintaan itu langsung ditanggapi cepat karena kondisinya memang memerlukan sekali bantuan itu.

“Saya minta menteri terkait mempersiapkan dan Alhamdulillah hari ini bisa diberangkatkan,” kata Presiden.

Hadir dalam Tampak hadir dalam kesempatan itu Menlu Retno LP Marsudi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Seskab Pramono Anung, Menko PMK Puan Maharani. Juga hadir Kepala Kantor Staf Kepresidenan Teten Masduki, Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti dan perwakilan Pemerintah Sri Lanka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya