SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Budaya asli Indonesia yang sering diklaim Malaysia, seharusnya menjadi cambuk untuk menghargai budaya Nusantara.  Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Taufan EN Rotorasiko di Jakarta Jumat (22/6) mengatakan, kontroversi seputar rencana Malaysia untuk mendaftarkan budaya Batak, yakni tarian Tor-tor dan Gondang Sambilan, harus disikapi dengan bijaksana.

Menurut Taufan, masyarakat di Tanah Air justru perlu berterima kasih kepada pemerintah Malaysia, atas kejadian ini. Taufan berharap, langkah pemerintah tidak hanya mendaftarkan, namun juga mengambil langkah untuk melestarikan budaya Nusantara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Taufan memberikan apresiasi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang akan mendaftarkan tarian Tor-tor dan musik Gondang Sambilan ke UNESCO.

Taufan mengungkapkan, pemerintah perlu menambah alokasi anggaran untuk kebudayaan, dan menginventarisasi budaya-budaya di Nusantara yang akan didaftarkan ke UNESCO.  Taufan juga meminta pemerintah menjelaskan permasalahan ini ke masyarakat, agar tidak terjadi salah persepsi.[miol/hen]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya