Tutup Iklan
Indonesia Gagal ke Final Piala Sudirman, Kevin: Medali Perunggu Tak Buruk!
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Badmintonindonesia.org)

Solopos.com, NANNING — Indonesia kembali gagal membawa pulang gelar Piala Sudirman sejak 1989 setelah dihentikan Jepang dengan skor 1-3 di semifinal turnamen edisi 2019, Sabtu (25/5/2019). Ini adalah kali keempat dalam enam edisi terakhir Indonesia hanya meraih medali perunggu di Piala Sudirman.

Meski kembali kandas di semifinal, tim Merah Putih telah menunjukkan perkembangan cukup baik dalam turnamen yang digelar di Nanning, Tiongkok, ini. Sebagai informasi, dua tahun lalu Indonesia terhenti di babak penyisihan kejuaraan, catatan terburuk tim selama mengikuti Piala Sudirman.

Indonesia sejatinya membuka asa ke babak final setelah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo unggul di partai pertama dengan menumbangkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dengan skor 21-14, 21-18. Namun kekalahan beruntun yang diterima Gregoria Mariska Tunjung, Anthony Sinisuka Ginting dan Greysia Polii/Apriani Rahayu membuat Indonesia harus kembali menunda hasratnya menggondol trofi Piala Sudirman yang telah “hilang” selama 30 tahun.

Meski gagal ke partai puncak, Indonesia setidaknya mempunyai catatan yang layak dibanggakan seperti ganda putra yang selalu menang di empat pertandingan selama Piala Sudirman 2019. Kekuatan tiap sektor juga semakin merata meski belum sempurna. Terbukti setiap nomor mampu menyumbangkan setidaknya satu kemenangan bagi Merah Putih.

“Medali perunggu bukanlah sesuatu yang buruk. Saya bangga menjadi bagian dari Tim Indonesia,” ujar Kevin Sanjaya Sukamuljo dilansir Twitter Badminton Talk, Sabtu malam.

Di Piala Sudirman 2019, The Minions memang sukses menunjukkan bahwa mereka masih layak menyandang gelar ganda putra terbaik dunia dengan menyumbangkan tiga kemenangan. Sementara itu Gregoria Mariska semakin menunjukkan kematangannya. Meski tidak diunggulkan saat melawan Akane Yamaguchi, pebulutangkis asal Wonogiri itu sempat memberikan perlawanan sengit. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho