Indonesia Dilanda Cuaca Panas, Ini Tips Jaga Stamina di Suhu Ekstrem

Agar tetap nyaman beraktivitas, ketahui tips jaga stamina di cuaca panas.

 Ilustrasi cuaca panas. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca panas. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Cuaca panas terik tengah melanda di berbagai wilayah di Indonesia, ketahui tips jaga stamina tubuh di suhu ekstrim. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa cuaca panas yang terjadi saat ini bukan disebabkan gelombang panas. “Suhu panas terik yang terjadi di wilayah Indonesia bukan fenomena Gelombang panas,” terang Deputi Bidang Meteorologi Guswanto, melalui unggahan di akun Instagram Resmi BMKG seperti dikutip pada Minggu (15/5/2022).

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Saat Indonesia dilanda suhu ekstrem, sebaiknya ketahui tips jaga stamina tubuh di cuaca panas. Berdasarkan keterangan BMKG suhu maksimum tertinggi di Indonesia di bulan April selama 4-5 tahun terakhir sekitar 38,8 derajat Celcius terjadi di Palembang pada 2019. Adapun untuk suhu tertinggi di bulan Mei di kisaran 38,8 derajat celcius terjadi di Temindung Samarinda pada pada 2018.

Baca Juga: Panas Pooll! Suhu Udara Dunia Diprediksi Naik 50%

Menjaga stamina di saat cuaca ekstrem sangat penting. Hal ini lantaran cuaca panas bisa picu sejumlah keluhan misalnya dehidrasi. Karena tubuh mengeluarkan banyak cairan, tubuh kita menjadi terasa mudah lelah. Selain itu, udara yang kering membuat debu menjadi mudah masuk ke saluran pernapasan atau menempel pada makanan, sehingga menimbulkan infeksi saluran pernapasan dan infeksi saluran pencernaan.

Berikut ini tips jaga stamina di cuaca panas seperti dikutip dari toshiba-ac.co.id pada Minggu (15/5/2022):

1. Perbanyak Minum Air Putih Demi Mencegah Dehidrasi

Cuaca yang panas akan membuat Anda mudah berkeringat, sehingga tubuh akan mengalami dehidrasi (kurang cairan). Ketika tubuh sudah kekurangan cairan, seluruh organ yang bekerja akan melemah, sehingga rasa lemas bakal dirasakan.

Baca Juga: Sumuk Pol! Ini Penyebab Kota Solo Panas Kayak Gurun Pasir

Satu-satunya cara yang Anda harus lakukan adalah perbanyak minum air putih, ya! Setiap kali ke luar rumah, bawalah air mineral dalam botol sehingga Anda tidak lupa untuk minum dan terhindar dari dehidrasi.

2. Kurangi Kegiatan di Luar Ruangan yang Menguras Tenaga

Sinar matahari terik berlangsung sekitar pukul 10.00 hingga 14.00. Jika memungkinkan hindari sinar matahari langsung pada jam-jam tersebut, sehingga kulit Anda tidak terbakar matahari dan terhindar dari rasa pusing.

Akan lebih baik jika Anda melakukan aktivitas di dalam ruangan yang memiliki pendingin ruangan. Seperti Toshiba AC G2KCV yang memiliki kemampuan untuk mendinginkan ruangan dengan lebih cepat. Fiturnya yang unggul dapat mendukung semua aktivitas yang Anda lakukan, sehingga terasa lebih nyaman.

3. Gunakan Sunblock Untuk Menghindari Kulit Terbakar

Jika Anda benar-benar harus keluar rumah, maka gunakanlah tabir surya atau sunblock. Dengan sunblock, Anda dapat menghalau sinar ultraviolet yang berlebih. Selain itu, sunblock juga berguna untuk menjaga kulit agar tidak terbakar. Jika perlu, Anda juga dapat mempersiapkan pelembap bibir agar tidak mengalami bibir pecah-pecah.

Baca Juga: Rudy Sebut Dinamika Politik Pilpres 2014 Lebih Panas dari Pilpres 2024

4. Perbanyak Konsumsi Makanan sehat, Terutama Sayur dan Buah

Sayur dan buah mengandung kadar air yang tinggi dan bisa mengatasi dehidrasi. Juga mengandung mineral, vitamin, gula alami, dan asam amino yang membuat tubuh menyerap serta menyimpan cairan lebih banyak ketimbang hanya minum air putih. Selain itu, makan sayur dan buah juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga Anda tidak mudah sakit.

5. Rutinlah Berolahraga Untuk Menjaga Stamina

Cuaca terik tidak menjadi alasan agar Anda tidak olahraga. Karena, olahraga juga bisa dilakukan di rumah, kok. Anda bisa mencoba gerakan push up, sit up, squat, plank, dan lain-lain. Jangan sampai Anda malas berolahraga, karena olahraga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, terutama saat cuaca makin terik. Bonusnya, berat badan ideal bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: Tak Kuat Cuaca Esktrem, Perempuan di Bekasi Mandi dengan Air Es

6. Jangan Lupa Untuk Mengonsumsi Vitamin

Memang sering dilupakan. Namun, vitamin dapat menjaga tubuh dari serangan penyakit. Dengan vitamin, tubuh akan tetap bugar meski harus berhadapan dengan cuaca ekstrim. Tentu saja, Anda harus memperhatikan penggunaan vitamin dengan baik.

7. BerIstirahat Dengan Cukup di Malam Hari

Kurang tidur atau istirahat bisa membuat tubuh Anda mudah lelah dan stres. Anda tidak bakal bisa melakukan kegiatan dengan maksimal, apalagi jika cuaca sedang terik-teriknya. Jadi, usahakan untuk mengurangi begadang dan tidur yang cukup, setidaknya 8 jam per hari.

 

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Embun Upas Dieng, Cantik Tapi Mematikan

+ PLUS Embun Upas Dieng, Cantik Tapi Mematikan

Fenomena embun beku atau dikenal dengan sebutan embun upas mulai muncul di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang dikenal cantik tapi mematikan.

Berita Terkini

Bolehkah Puasa Tarwiyah dan Arafah Sekalian Bayar Utang Ramadan?

Salah satu amalan ibadah yang sangat dianjurkan adalah puasa Tarwiyah jatuh pada 8 Dzulhijjah, dan puasa Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Kapan Mulai Puasa Dzulhijjah? Ini Panduannya

Untuk menjawab pertanyaan kapan mulai puasa Dzulhijjah, berikut ini panduannya.

Kenapa Banyak Orang Menikah di Bulan Dzulhijjah?

Meskipun untuk waktu pelaksanaan pernikahan tidak ada waktu khusus, kenapa banyak orang menikah di Bulan Dzulhijjah?

Begini Hukum Pernikahan Beda Agama Menurut Syariat Islam

Berikut ini pembahasan hukum pernikahan beda agama baik secara syariat Islam maupun negara.

Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Ajukan Pinjaman Online agar Lekas Disetujui

Bagi Anda yang ingin mengetahui tips untuk mempercepat proses verifikasi dan persetujuan pengajuan pinjaman online atau pinjol, simak penjelasan berikut ini.

Cerpen Pembuktian

Aku yakin Djenar pasti jeli membaca cerpenku, dan akan memberikan banyak catatan. Padahal, sejujurnya niatku mengajaknya bertemu bukan untuk keperluan itu.

Cek Arti Mimpi Tenggelam, Benarkah Pertanda Buruk?

Mimpi tenggelam tentu bikin jantung berdebar-debar dan bertanya-tanya apa artinya ya?

Sangat Dianjurkan, Ini Keutamaan Puasa Senin dan Kamis

Banyak amalan yang dapat dilakukan umat Islam untuk menambah pahala. Salah satunya adalah dengan menjalankan puasa Senin-Kamis.

Arti Mimpi Mendapatkan Uang, Pertanda bakal Dapat Rezeki Nomplok?

Mimpi mendapatkan uang tentu bikin bahagia karena bunga tidur itu sering diartikan sebagai pertanda baik, benarkah demikian?

Cerpen Kisah Cinta Lelaki Gandrung

Kata orang-orang, bapakku miskin dan buruk rupa. Mereka bingung mengapa Ibu memilih Bapak, bukannya menjadi istri keempat Pak Warta yang kaya raya.

Apakah Cacar Monyet Berbahaya? Ini Penjelasannya

WHO mencatat hingga Jumat (24/6/2022) ada 70 kematian di Afrika Tengah, apakah virus ini berbahaya bagi manusia?

Mengintip Layanan & Fasilitas Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang

Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang memiliki layanan untuk penyakit jantung yang lengkap dan fasilitas cathlab standar internasional.

Kenapa Alkohol Bekonang Dinamakan Ciu? Ternyata dari Bahasa China

Tahukah Anda nama ciu yang merupakan alkohol khas dari Bekonang, Sukoharjo dinamai dengan kata dari bahasa Mandarin.

Kasus Cacar Monyet Meluas, Apakah Indonesia Termasuk?

Kasus cacar monyet telah ditemukan di sejumlah negara, bagaimana halnya dengan di Indonesia?

Marshanda Mengalami Manic Episode, Kenali Gejalanya

Kenali gejala manic episode seperti dialami Marshanda saat dikabarkan hilang di Amerika Serikat.

Prosedur Pencarian Orang Hilang di Luar Negeri Seperti Kasus Marshanda

Bila mengalami kejadian serupa Marshanda, bagaimana prosedur pencarian orang hilang di luar negeri?