SOLOPOS.COM - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan (Rachman/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengakui sebagian wilayah Indonesia baru akan hijau kembali dalam waktu 25 tahun hingga 30 tahun ke depan jika program rehabilitasi hutan dan kegiatan-kegiatan penghijauan yang saat ini dilaksanakan masyarakat membuahkan hasil baik. Tanpa gerakan penghijauan maka tanah-tanah gundul di Indonesia baru akan hijau kembali dalam waktu 120 tahun.

Pernyataan itu dikemukakan Zulkifli di sela peluncuran pendistribusian 2 juta bibit pohon di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/11/2013). “Menanam saat ini sudah menjadi gaya hidup. Jika kondisinya seperti ini maka saya yakin dalam kurun 25 tahun-30 tahun, Indonesia akan hijau,” katanya optimistis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menhut menyatakan, dari tahun ke tahun, Kementerian Kehutanan terus meningkatkan rehabilitasi hutan dan lahan melalui Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon. Pada 20l0, lanjutnya, pemerintah telah menanama 1,3 miliar batang pohon. Selanjutnya, pada 2011 sebanyak 1,5 miliar batang pohon, dan 2012 kembali menanam 1,6 miliar batang pohon. “Pada tahun mendatang mudah-mudahan bisa menanam lebih banyak dari 1,6 miliar batang pohon,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Lahan yang perlu dihijaukan kembali, menurut Zulkifli adalah sekitar 20 juta hektare tanah gundul yang tersebar di Kalimantan dan Sumatra.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya