SOLOPOS.COM - Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi. (Youtube-Sekretariat Presiden)

Solopos.com, JAKARTA–Pemerintah Indonesia terus berupaya berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait untuk menengahi konflik Iran dengan Israel. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan salah satu negara terkait yang bertukar pesan dengan Indonesia terkait konflik di Timur Tengah adalah Amerika Serikat (AS).

“Kita terus bicara dengan pihak-pihak terkait, misalnya kenapa kita bicara dengan Amerika? Jadi Amerika selain kita bertukar message [pesan], tadi pagi kita juga ada pembicaraan telepon kita lakukan karena kita tahu bahwa Amerika Serikat punya peran yang sangat besar untuk dapat menggunakan pengaruhnya agar deeskalasi terjadi. Dan tadi saya sampaikan langsung bahwa ‘Anda punya pengaruh besar, dan tolong gunakan pengaruh tersebut’,” katanya di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Dia mengatakan kepada pihak-pihak yang punya pengaruh dan terhadap masing-masing pihak itu Indonesia juga dekat, dan dengan Iran, Indonesia juga menjalin hubungan baik.

“Saya bicara langsung dengan Menteri Luar Negeri Iran hampir 1 jam, 50 menit dan saya sampaikan juga bahwa eskalasi tidak akan membawa manfaat bagi siapapun. Jadi untuk upaya diplomatik kita terus jalankan,” jelas Retno.

Diberitakan, Iran melancarkan serangan langsung terhadap musuh bebuyutannya, Israel, untuk kali pertama, menembakkan lebih dari 300 rudal dan drone, Sabtu (13/4/2024) malam.

Pihak Israel mengklaim hampir semua serangan drone Iran berhasil dicegat oleh Israel dan negara lain, termasuk AS, Yordania, dan Inggris.

Iran mengatakan serangannya terjadi sebagai respons terhadap serangan udara mematikan Israel terhadap gedung Konsulat Teheran di Ibu Kota Suriah, Damaskus, yang secara luas disalahkan kepada Israel, pada 1 April 2024.

Serangan Israel ke Konsulat Iran di Damaskus sebelumnya menewaskan tujuh orang Garda Revolusi Iran, termasuk dua orang Jenderal Senior.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Menlu Retno Ungkap Upaya Indonesia Menengahi Konflik Iran Vs Israel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya