SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membagikan link berita dari portal fifa.com ke grup WhatsAp (WA) awak media Solo, Rabu (29/3/2023) malam.

Link berita itu berjudul FIFA Removes Indonesia As Host of FIFA U20 World Cup 2023. Berita itu menyebutkan FIFA akhirnya memutuskan untuk memindahkan lokasi atau tuan rumah Piala Dunia U20 pada 2023 dari Indonesia.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Usai membagikan link berita itu Gibran mengirimkan sebuah stiker dengan tulisan “mantap bro”. Stiker itu kemungkinan sebuah satire atau sindiran terkait polemik Piala Dunia U20 beberapa hari terakhir ini yang berbuntut kepada dibatalkannya penyelenggaraan pesta akbar sepak bola sejagat itu, di Indonesia.

Saat dimintai tanggapan melalui pesan WA pribadi, Gibran tidak banyak memberikan komentar terkait pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20. Dia hanya memberikan satu kata balasan kepada solopos com. “Besok,” tulis dia.  Ketika didesak untuk memberikan sedikit tanggapan, orang nomor satu di Kota Bengawan itu bersikukuh tak mau banyak berkomentar. “Besok,” tulis dia lagi.

Diberitakan sebelumnya,  FIFA telah mengumumkan bahwa Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia batal. Keputusan FIFA tersebut disampaikan di markas besar mereka di Zurich, Swiss, Rabu (29/3/2023) malam WIB.

Sebelumnya, PSSI telah menyebutkan bahwa FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya di gelar di Bali, Indonesia, pada 31 Maret 2023 mendatang. Pembatalan drawing tersebut akhirnya berdampak kepada ikut dibatalkannya event Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

FIFA U-20 World Cup Indonesia 2023 atau Piala Dunia U-20 2023 sedianya akan diselenggarakan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 bertempat di enam stadion di Tanah Air. Sebanyak 24 tim peserta memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Termasuk dari 24 peserta tersebut adalah timnas Israel yang mendapat penolakan dari beberapa kalangan termasuk Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Penolakan terhadap timnas Israel berlaga di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia tersebut dianggap menjadi salah satu pemicu FIFA membatalkan event sepak bola terbesar kedua di dunia itu.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023 (Piala Dunia U-20).” Demikian pernyataan yang dirilis FIFA, Rabu (29/3/2023) malam pukul 22.00 WIB.

Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya.

“FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022. Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden (Ketua Umum PSSI) (Erick) Thohir,” lanjut FIFA dalam laman resmi mereka tersebut.

Sementara itu, pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Presiden PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat. Dengan pernyataan FIFA ini maka Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia dipastikan batal!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya