SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA: Organisasi sepakbola tertinggi dunia, FIFA, mengungkapkan Indonesia telah mengajukan proposal permohonan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. Dilansir dari Reuters, Rabu (28/1), Indonesia termasuk dari enam negara yang sudah memasukkan proposal permohonan tuan rumah ini ke FIFA.

    Adapun lima negara pesaing Indonesia yang secara resmi telah memasukkan proposalnya adalah Inggris, Jepang, Qatar, Rusia dan dua negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama, Portugal dan Spanyol.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

    Sementara beberapa negara yang sudah mengajukan kesiapan mereka menjadi tuan rumah, namun belum memasukkan proposal mereka adalah Australia, China, Meksiko, dan juga Belanda-Belgia yang rencananya akan mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama.

    Adapun peluang Indonesia cukup terbuka, jika FIFA tetap setia dengan kebijakannya merotasi tuan rumah berdasarkan benua-nya, yaitu Asia. Jika benar demikian, Indonesia kemungkinan akan bersaing dengan Jepang dan Australia.

    Adapun FIFA akan mengumumkan siapa yang akan menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia 2018 dan 2022 pada Desember 2010.

    Jika kabar yang dilansir Reuters melalui situs FIFA itu benar, pembenahan serius harus dilakukan Indonesia. Sebab, salah pesaing Merah Putih adalah negara yang diyakini sebagai tempat sepakbola lahir, Inggris.

    Sejak FIFA secara resmi membuka pendaftaran bagi negara anggotanya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022, Inggris dengan sigap mengajukan proposalnya. Pendaftaran sendiri akan resmi ditutup pada 2 Februari mendatang.

    “Apa yang menjadi tujuan kami sudah diketahui khalayak banyak sejak beberapa waktu lalu, tapi ada signifikansi lain dan kegembiraan lain saat kami kini mengajukan diri secara resmi,” ungkap Presiden Eksekutif Komite Pencalonan Inggris, Andy Anson.

    “Kami yakin kalau kami punya peluang besar untuk membawa kembali turnamen tersebut ke Inggris dan tantangannya sekarang adalah mengajukan presentasi untuk ditunjukkan pada dunia,” lanjut dia.

    FIFA mensyaratkan negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah minimal memiliki 12 stadion berkapasitas 40.000 tempat duduk. Sementara untuk laga final harus digelar di stadion dengan kapasitas 80.000 penonton. New Wembley sendiri mampu menampung hingga 90.000 penonton.

    David Beckham dan Pangeran William adalah duta Inggris untuk mewujudkan keinginan tersebut. Sedangkan untuk negara pesaing, selain bersaing dengan Inggris, Inggris akan berhadapan dengan Australia, Belgia-Belanda, China, Jepang, Mexico, Portugal-Spanyol serta Qatar dan Rusia.

    Setelah menjadi tuan rumah dan menjuarai Piala Dunia 1996, turnamen sepakbola terbesar yangb pernah digelar di tanah Inggris adalah Piala Eropa 1996, di mana mereka tersingkir lewat adu penalti oleh Jerman yang kemudian menjadi juara. (Harian Jogja Cetak/GOAL/JBBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya