SOLOPOS.COM - Marselino Ferdinan melakukan selebrasi seusai mencetak gol pertama Indonesia melawan Vietnam pada partai terakhir Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam. (Twitter @PSSI)

Solopos.com, JAKARTATimnas Indonesia U-20 memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan setelah menekuk Vietnam 3-2 pada partai terakhir Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam.

Setelah bermain imbang 0-0 pada babak pertama, Indonesia dan Vietnam saling berbalas gol dengan skor akhir 3-2 untuk kemenangan Garuda Nusantara.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Tiga gol Indonesia dicetak oleh Marselino Ferdinan pada menit ke-60, Muhammad Ferrari (82), dan Rabbani Tasnim (85). Adapun Vietnam menceploskan dua gol lewat gol bunuh diri Muhammad Ferrari menit 66 dan Dinh Xuan Tien (79).

Baca Juga: Hong Kong 1-2 Timor Leste: Gopal Krishnan Girang Meski Gagal ke Uzbekistan

Tak seperti babak pertama, Vietnam berani keluar menyerang pada paruh kedua. Sebaliknya, Indonesia memasukkan Marselino Ferdinan untuk menambah daya gedor serangan.

Pergantian pemain itu terbukti tepat. Marselino memecah kebuntuan pada menit ke-60 lewat sepakan kaki kanan dari luar kotak penalti. 1-0 Indonesia unggul.

Vietnam merespons dengan serangan balik cepat sejurus kemudian. Beruntung kiper Aditya Nugraha masih cekatan menggagalkan serangan.

Baca Juga: Indonesia vs Vietnam: Selangkah Menuju Uzbekistan

Indonesia nyaris menggandakan keunggulan juga melalui skema serangan balik. Hanya saja Frengky Missa gagal menyelesaikan cutback di mulut gawang.

Kelengahan di lini belakang Indonesia berbuah sial. Pada menit ke-66 umpan silang dari sisi kiri pertahanan Indonesia salah diantisipasi oleh Muhammad Ferrari hingga berbuah gol bunuh diri. Skor sama kuat 1-1.

Tempo pertandingan menurun setelah skor kembali imbang. Serangan Indoensia dan Vietnam banyak terhenti karena kesalahan sendiri. Kembali kesalahan di lini pertahanan Indonesia kembali terjadi.

Baca Juga: Indonesia vs Vietnam, Shin Tae-yong Percaya Diri

Vietnam pun berbalik unggul pada menit ke-79. Serangan balik cepat diakhiri Dinh Xuan Tien yang berdiri tanpa kawalan di kotak penalti. Indonesia tertinggal 1-2 dari Vietnam.

Namun keunggulan Vietnam tak bertahan lama. Pada menit ke-82 Indonesia menyamakan kedudukan lewat skema bola mati.  Umpan sepak pojok diteruskan Ferrari dengan tandukan yang akurat ke sudut gawang Vietnam. Skor kembali imbang 2-2.

Indonesia berbalik unggul lagi tiga menit berselang. Pemain pengganti, Alfriyanto Nico dan Rabbani Tasnim, bekerja sama untuk menghasilkan gol ketiga Garuda Nusantara.

Baca Juga: Hajar Timor Leste 4-0, Vietnam: Sekarang Fokus Kami Melawan Indonesia

Skor 3-2 untuk kemenangan Indonesia tak berubah hingga laga berakhir. Dengan hasil ini, timnas Indonesia berhak lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Hasil Timnas Indonesia vs Vietnam: Dramatis, Garuda Rebut Tiket Piala Asia U-20

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya