SOLOPOS.COM - Pemberitahuan penutupan Indo XXI.

Solopos.com, JAKARTA — Laman Internet penyedia film bajakan, Indo XXI, menutup layanannya mulai 1 Januari 2020. Hal itu tentu tak lepas dari ancaman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang akan memblokir laman tersebut.

"Sangat berat tapi harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020 kami akan menghentikan penayangan film di website ini demi mendukung dan memajukan industri kreatif Tanah Air, semoga ke depannya akan menjadi lebih baik," begitu keterangan yang tertera di laman Indo XXI.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal ini tentu patut diapresiasi insan perfilman. Namun belum jelas apakah ini akan jadi akhir cerita atau justru akan ada kucing-kucingan lagi soal situs layanan streaming film bajakan.

Kementerian Komunikasi & Informatika (Kemenkominfo) bersikap keras untuk memberangus aneka bioskop online.

Dilaporkan Detik.com, Selaa (24/12/2019), Kemenkominfo memang telah memblokir beberapa laman penyedia film bajakan, antara lain indoxxi.city, indoxxi.site, indoxxi.my.id, movieindoxxi.vip, indoxxi.biz.id, indoxxi.co.uk, hingga bioskopindoxxi.xyz dan lain-lain.

Menkominfo Johnny G Plate pun menegaskan rencana pemblokiran Indo XXI dalam beberapa kali kesempatan. Bioskop online yang memutar film-film bajakan luar negeri dianggapnya merugikan industri kreatif dan merupakan pelanggaran hak cipta.

"Jangan sampai kebiasaan bajak dibiarkan," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate ditemui di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (23/12/2019). kemarin.

Kemenkominfo juga sudah berulang kali memblokir laman penyedia film bajakan sebelum ancaman terhadap Indo XXI. "Kominfo sudah blokir 1.130 website streaming ilegal," kata Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya