SOLOPOS.COM - Pebulu tangkis, Hayom Rumbaka, dokJIBI/SOLOPOS

Pebulu tangkis, Hayom Rumbaka, dokJIBI/SOLOPOS

NEW DELHI – Tunggal putra kebanggaan Indonesia, Dionysius Hayom Rumbaka lolos ke babak kedua India Open Superseries 2013 setelah menyingkirkan juara Macau Open Grand Prix Gold 2012 asal China, Chen Yuekun di New Delhi, India, Rabu (24/4/2013) WIB. Hayom menang lewat permainan rubber set 24-22, 19-21 dan 21-14.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Di pertandingan pertamanya, Hayom sudah dipaksa kerja keras. Poin demi poin diraih kedua pemain dengan susah payah. Bermain lebih sabar, Hayom memenangkan reli di poin kritis pada set pertama.

“Saya tidak mau mengikuti permainan dia yang cepat, tetapi lebih banyak mengatur bola. Jika saya meladeni permainan cepatnya, lawan pasti senang. Di poin-poin kritis saya juga lebih sabar dan tidak buru-buru,” terang Hayom seperti dikutip dalam situs resmi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Sayangnya, penampilan Hayom menurun di set kedua. Ia sempat memimpin jauh 10-4, Chen justru balik menekan dengan meraih tujuh poin berturut-turut, Hayom pun tertinggal 10-11.

“Saat itu lawan mengubah permainan dari defense balik serang jadi langsung serang dan saya tidak siap dengan perubahan ini. Dia begitu sering mengubah permainan dengan cepat sepanjang pertandingan tadi,” ungkapnya.

Pada kedudukan 8-7 di set ketiga, Hayom merasakan sakit pada lutut kanannya hingga ia pun meminta pertolongan dari dokter pertandingan untuk menyemprotkan obat penahan rasa sakit. Untungnya, penampilan Hayom tak terganggu. Ia masih bisa memegang kendali permainan dan memimpin di interval set ketiga dengan skor 11-8 dan akhirnya memenangkan pertandingan sekaligus memastikan tiket babak kedua.

Kesuksesan Hayom diikuti Taufik Hidayat yang juga dipaksa bermain tiga set melawan tunggal tuan rumah, Kasyap Parupalli. Mantan tunggal putra nomor satu dunia ini mengentikan perlawanan unggulan kelima tersebut dengan skor 13-21, 23-21 dan 21-18. Taufik yang kalah di set pertama mampu membalikkan keadaan dan berbalik unggul pada dua set berikutnya dalam laga yang berlangsung selama 60 menit ini.

Di nomor ganda campuran, pasangan Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati mengawali langkahnya dengan hasil bagus. Seeded ketujuh ini sukses melewati ganda Denmark, Mads Pieler Kolding/Kamilla Rytter Juhl straight set 21-16 dan 21-19.

Sayangnya, tunggal Merah Putih, Tommy Sugiarto takluk dari tunggal tuan rumah, Gurusaidutt R. M. V. Putra mantan pemain bulu tangkis dunia, Icuk Sugiarto ini menyerah dua set langsung, 21-16 dan 21-17.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya