SOLOPOS.COM - Ilustrasi sampah plastik di pantai. (freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Sampah plastik masih menjadi salah satu masalah lingkungan terbesar bumi yang kita hadapi di abad ke-21. Masih banyak orang yang membuang sampah-sampah plastik ke laut yang mengancam kehidupan mahkluk di dalamnya. Lantas negara mana yang paling banyak membuang sampah ke lautan?

Sebuah laporan dari perusahaan pengemasan bernama RAJA mengungkapkan penyebab utama di seluruh dunia yang memproduksi plastik paling banyak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dikutip Liputan6 dari laman Euronews, Selasa (14/12/2021), India sebagai negara terburuk untuk masalah sampah plastik di lautan pada tahun 2020, dengan sekitar 126,5 juta kg per tahun dibuang.

Berat sampah plastik yang dibuang oleh India setara dengan berat lebih dari 250.000 lumba-lumba hidung botol, salah satu spesies lumba-lumba yang paling banyak ditemukan di lautan. Meskipun Amerika Serikat menghasilkan dua kali lipat jumlah sampah plastik India setiap tahun (42 miliar kg), hanya 2,4 juta kg yang berakhir di lautan.

Baca Juga: Covid-19 di Amerika Serikat Tembus 50 Juta Kasus

Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa AS terkenal mengekspor limbahnya ke negara-negara lain termasuk negara-negara dengan sistem pengelolaan limbah yang buruk seperti India atau tempat-tempat di Afrika serta ke negara dengan sistem pengelolaan limbah yang baik.

Pada tahun 2018 Plastic Pollution Coalition melaporkan bahwa Amerika Serikat telah mengekspor 157.000 kontainer pengiriman berisi sampah plastik, ini setara dengan kurang lebih 1,07 juta kg plastik.

Plastik itu dikirim ke beberapa negara pengelola sampah berkualitas baik seperti Kanada, Korea Selatan, dan Taiwan. Tetapi jumlah sampah yang lebih besar juga dikirim ke negara-negara dengan sistem pengelolaan sampah yang buruk seperti Malaysia, Thailand dan India, yang masing-masing mengambil 19 persen, 10 persen dan 12 persen dari sampah plastik AS.

Ketika negara-negara besar seperti AS mengirimkan sampah plastik mereka ke luar negeri, mereka dapat mengklaim bahwa itu telah didaur ulang. Hal ini memenuhi kewajiban bagi negara maju untuk melakukan perubahan positif yang lebih besar bagi lingkungan.

Baca Juga: Emisi Karbon Meningkat, Suhu Arktik Capai Rekor Terpanas pada 2020

Berikut 10 Negara Pembuang Sampah Plastik Terbanyak ke Laut:

10. Inggris – 703 ribu kg plastik

9. Jepang – 1,8 juta kg plastik

8. Amerika Serikat – 2,4 juta kg plastik

7. Mesir – 2,5 juta kg plastik

6. Meksiko – 3,5 juta kg plastik

5. Thailand – 22,8 juta kg plastik

4. Brasil – 38 juta kg plastik

3. Indonesia – 56,3 juta kg plastik

2. China – 70,7 juta kg plastik

1. India – 126,5 juta kg plastik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya