SOLOPOS.COM - Hadirnya tim-tim pabrikan membuat persaingan MotoGP 2015 semakin sengit (JIBI/REUTERS/Brandon Malone)

MotoGP 2016 segera digelar. Namun, pabrikan asal Jepang, Kawasaki masih enggan tampil di musim depan.

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harianjogja.com, MADRID — Dalam tiga tahun terakhir, sejumlah pabrikan kembali turun ke ajang MotoGP. Aprilia dan Suzuki telah memulai debut kembalinya ke MotoGP, sedangkan KTM sedang bersiap tampil di musim 2017. Bagaimana dengan Kawasaki?

Kawasaki memang cukup dipandang di balap World Superbike (WSBK). Namun, pabrikan Jepang ini belum berniat untuk kembali ke MotoGP.

Seperti dilansir Autoevolution dari media Spanyol, Rabu (16/12/2015), Bos WSBK Kawasaki, Ichiro Yoda mengatakan, biaya membuat tim MotoGP saat ini masih terlalu tinggi bagi Kawasaki. Yoda mengakui bahwa biaya untuk menjadi tim yang kompetitif di kelas utama masih terbilang mahal.

Selain itu, Kawasaki juga tidak diperbolehkan untuk kembali ke MotoGP sebagai tim pabrikan penuh, dan harus bermitra dengan tim yang ada. Yoda mengatakan, aturan di MotoGP terlalu ketat untuk tim pabrikan baru.

Itulah sebabnya Kawasaki menunda kembalinya ke MotoGP, setidaknya sampai ada peraturan yang lebih ramah bagi tim yang baru bergabung.

Kawasaki saat ini tampaknya masih menikmati seri balap motor produksi, WSBK. Dua gelar juara dunia telah diraih Kawasaki dengan pebalap Tom Sykes pada 2013 dan Jonathan Rea pada 2015.

Terakhir kali pabrikan Kawasaki mengikuti MotoGP adalah di tahun 2009, dalam naungan tim Hayate Racing, dengan satu pebalap: Marco Melandri. Catatan terbaiknya adalah podium kedua di seri kempat, tapi di akhir musim rider Italia itu hanya menduduki peringkat ke-10.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya