SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin salat jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Masjid Quba, Kantor Kemenpan RB, Jakarta, Jumat (1/7/2022). (ANTARA/HO-BPMI Setwapres)

Solopos.com, JAKARTA—Jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo disalatkan di Masjid Quba, Gedung Kemenpan RB, sebelum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta.

Salat jenazah tersebut diimami oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Salat jenazah berlangsung sekitar pukul 16.20 WIB dengan diikuti sekitar 50 orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Turut dalam salat jenazah tersebut antara lain Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Manoarfa, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, politikus senior Partai Golkar Akbar Tanjung, serta keluarga Tjahjo Kumolo dan pegawai Kemenpan RB.

Baca Juga: Menpan-RB Tjahjo Kumolo Wafat, PDIP Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Ma’ruf Amin mengenang Tjahjo Kumolo sebagai menteri yang rajin sekaligus pribadi baik.

“Kita kehilangan orang baik, orang yang selama ini mengabdi kepada bangsa dan negara sejak beliau juga sebelumnya menjadi menteri dalam negeri lalu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (dan Reformasi Birokrasi),” kata Ma’ruf seusai salat jenazah, Jumat (1/7/2022).

Ma’ruf mengenal Tjahjo Kumolo sebagai seorang menteri yang giat bekerja, khususnya terkait reformasi birokrasi karena Kemenpan RB berada di bawah koordinasi Wapres.

Baca Juga: Innalillahi, Menpan-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

“Beliau, yang saya tahu, kebetulan berada di bawah koordinasi saya mengenai reformasi birokrasi. Beliau terus bekerja siang (dan) malam melakukan langkah-langkah reformasi birokrasi dengan sistem, melakukan perubahan-perubahan besar, tapi Allah menghendaki beliau sampai di sini,” ujarnya.

Selanjutnya, jenazah Tjahjo Kumolo langsung dibawa ke tempat peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pukul 11.10 WIB, Jumat, setelah menjalani perawatan intensif di rumah sakit tersebut sejak pertengahan Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya