Tutup Iklan

Bukti Keberhasilan Pemberdayaan BUMDes, Semen Gresik Raih Nusantara CSR Awards 2021

Program CSR Semen Gresik telah memberikan kebermanfaatan, diantaranya mendorong penurunan angka kemiskinan di area perusahaan.

 Perwakilan Manajemen Semen Gresik (kiri) menerima penghargaan dari Bapak La Tofi, Ketua Dewan Juri NCSR Award 2021. (Istimewa-Semen Gresik)

SOLOPOS.COM - Perwakilan Manajemen Semen Gresik (kiri) menerima penghargaan dari Bapak La Tofi, Ketua Dewan Juri NCSR Award 2021. (Istimewa-Semen Gresik)

Solopos.com, REMBANG — PT Semen Gresik (PTSG) meraih penghargaan bergengsi pada ajang Nusantara CSR Awards 2021 yang digelar oleh La Tofi School of CSR. Penganugerahan berlangsung secara hybrid (live zoom dan offline) dari Ramayana Terrace Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Rabu malam (15/9).

PTSG menyabet penghargaan untuk kategori Pemberdayaan Ekonomi Komunitas, dengan mengusung tajuk “Program Pemberdayaan BUMDes untuk Mendorong Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional:Bersama berkembang di tengah pandemi. Ekosistem sosial sehat, Ekonomi Meningkat & Desa Berdaulat”.

Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum sekaligus Sekretaris Perusahaan PT Semen Gresik, Gatot Mardiana, menegaskan bahwa prestasi ini adalah bukti komitmen kuat PTSG terhadap peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di sekitar perusahaan. Selain itu, menggambarkan kolaborasi yang baik dan intens antara korporasi, masyarakat dan pemangku kepentingan. Kolaborasi untuk terbebas dari pandemi Covid-19 serta bersinergi mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: Total Dana IPO Tembus Rp32,14 Triliun, Kontribusi Bukalapak Rp21,9 Triliun

“Kami menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada Semen Gresik. Semoga ini menjadi spirit yang mengafirmasi kami agar bekerja lebih keras lagi. Bergerak lebih jauh lagi dalam mengembangkan program Corporate Social Responsibility. Yang mampu menyentuh langsung kehidupan sosial kemasyarakatan,” kata Gatot dalam siaran persnya, Kamis (16/9/2021).

Gatot menambahkan, kondisi pandemi tidak menyurutkan semangat dan langkah perusahaan untuk berkolaborasi memberikan kebermanfaatan bagi komunitas. Khususnya dalam memberdayakan BUMDes. SG akan terus menjadi aktor utama melaksanakan transformasi dalam bidang CSR untuk menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

Lanjut Gatot, program CSR Semen Gresik telah memberikan kebermanfaatan, diantaranya mendorong penurunan angka kemiskinan di area perusahaan. Peningkatan pendapatan BUMDes, kontribusi dalam penanganan masalah lingkungan dan terjalinnya hubungan baik dengan komunitas yang melahirkan local hero.

Baca juga: Peduli Warga Terdampak Covid-19, Semen Gresik Salurkan 2.000 Paket Sembako

Transformasi CSR Semen Gresik

“Transformasi CSR sebagai upaya kami mewujudkan nilai tambah bersama antara perusahaan dan masyarakat. Untuk membentuk sistem bisnis berkelanjutan dengan berorientasi pada pencapaian Sustainable Development Goals,” tandasnya.

Penghargaan Nusantara CSR Awards 2021 diikuti 41 perusahaan salah satunya Semen Gresik dan memasuki tahun ke-12. Ajang ini digagas La Tofi School of CSR. Sebuah lembaga yang memandang CSR sebagai sebuah kreativitas baru sebuah perusahaan untuk memajukan bisnisnya.

Tim Penilai Nusantara CSR Award 2021 terdiri atasLa Tofi (Chairman The La Tofi School of CSR selalu ketua juri), Prof Ibnu Hamad (Guru Besar Komunikasi Universitas Indonesia), Agus Suharyono (Asdep Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN) dan Hizbullah Arief (Direktur Green Advokasi Network/Hijauku.com).

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Utang Pinjol Resmi Tembus Rp27,9 Triliun, Ini Pendana Terbesar

Statistik OJK terkait industri teknologi finansial pendanaan bersama alias peer-to-peer lending (fintech lending) mengungkap utang di industri ini telah menembus Rp27,9 triliun.

Omicron Jadi Ancaman Baru, Apa Dampaknya bagi Investasi Emas di 2022?

Kemunculan varian baru virus corona, Omicron diprediksi apat menjadi katalis penguatan harga emas pada 2022 mendatang.

Bali dan Labuhan Bajo Jadi Pilihan Menginap Penonton MotoGP Mandalika

Masih terbatasnya akomodasi hotel di Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa menjadikan Bali dan Labuhan Bajo sebagai alternatif tempat menginap para tamu MotoGP 2022.

Tugas Melanjutkan Transformasi Bagi Dirut Baru PLN Darmawan Prasodjo

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN 2021 menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN, menggantikan Zulkifli Zaini.

Semeru Erupsi, Operasional Kereta Api di Jawa Timur Berjalan Normal

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan operasional Kereta Api di wilayah Jawa Timur saat ini masih berjalan normal kendati terjadi erupsi Gunung Semeru.

Emas Masih Cuan untuk Investasi Pada 2022, Simak Prediksinya

Bagi yang merencanakan investasi pada tahun depan, emas bisa jadi pilihan. Emas disebut masih memiliki potensi yang positif untuk investor pada 2022 mendatang.

6 Tahun Tugu Insurance Pertahankan Global Financial Strength Rating A

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia (Tugu Insurance) mempertahankan predikat Financial Strength Rating A-(Excellent) dan Long-Term Issuer Credit Rating of A- (Excellent) dari A.M. Best.

Awal Pekan, Yuk Cek Harga Emas di Pegadaian Senin 6 Desember 2021

Di awal pekan, harga emas 24 karat yang dijual Pegadaian baik cetakan Antam maupun UBS, pada Senin (6/12/2021) terpantau stagnan atau sama dengan harga kemarin.

Kemenko Perekonomian Minta BPOM Kaji Ulang Rencana Label BPA pada Galon

Kemenko Perekonomian mendorong BPOM untuk mengkaji ulang rencana pelabelan kandungan Bisfenol A (BPA) pada air minum dalam kemasan (AMDK) galon guna ulang.

Malaysia Minta 32.000 PMI untuk Perkebunan Sawit, Ini Respons Menaker

Pemerintah belum dapat menempatkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di perkebunan sawit Malaysia.

Pasokan dari Petani Terbatas, Harga Cabai Rawit di Bantul Naik

Memasuki musim penghujan dan jelang Nataru, harga cabai rawit dari petani mulai meningkat. Kenaikan harga cabai diprediksi akan terus berlangsung hingga Januari 2022.

Termasuk YIA, Ini Sejumlah Bandara Baru yang Sepi Seusai Diresmikan

Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) menambah daftar bandara baru yang sepi penumpang setelah diresmikan oleh Joko Widodo (Jokowi).

Kisah Najieb, Pengusaha Tuli Asal Karanganyar Taklukkan Dunia Digital

Keterbatasan fisik tak membuat orang patah semangat dan berhenti berkarya. Hal itu juga dilakukan Ahmad Zaky Najieb, 44, seorang pengusaha las tuli penghobi seni.

Hampir 100% Transaksi Nasabah Mandiri Via Online

Kehadiran Super App Livin’ By Mandiri (berlogo kuning), serta Kopra by Mandiri mampu menekan transaksi langsung di sejumlah kantor cabang.

Perusahaan AMDK Tolak Mentah-Mentah Pasang Label BPA di Galon Isi Ulang

Asosiasi Perusahaan AMDK menyebut belum ada bukti saintifik yang menunjukkan bahaya penggunaan galon isi ulang dalam jangka panjang terhadap kesehatan.

880 Juta Galon Isi Ulang Terancam Punah, Ini Penyebabnya

Revisi Peraturan BPOM ini secara tidak langsung mendorong pelaku usaha beralih dari galon isi ulang ke produk sekali pakai.