SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Massa pengunjuk rasa beraksi di Ibukota Spanyol, Madrid, untuk menentang PM Mariano Rajoy yang terlibat dugaan korupsi. Poster yang dibawa berarti “Rajoy, Mundur!” (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

LONDON – Saham-saham Eropa jatuh paling dalam lebih dari 3 bulan karena bank Spanyol dan Italia menarik diri dengan obligasi pemerintah di tengah sinyal kembalinya ketidakpastian politik di kawasan yang ekonominya terlemah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saham Banco Santander SA, bank Spanyol terbesar, tenggelam terdalam pada periode 6 bulan setelah Perdana Menteri Mariano Rajoy membantah tuduhan korupsi.

Saham UniCredit SpA, pemberi pinjaman terbesar di Italia, membukukan penurunan terbesar sejak Juni karena mantan Perdana Menteri Silvio Berlusconi menang dalam jajak pendapat sebelum pemilu bulan ini. Saham Julius Baer Group Ltd turun 3,1% setelah pengelola kekayaan itu melaporkan penurunan margin pendapatan.

Indeks Stoxx Eropa 600 turun 1,5% ke level 283,9 pada penutupan perdagangan, terbesar sejak 23 Oktober.

Indeks tersebut tercatat masih naik 1,5% pada tahun ini karena parlemen AS menyetujui kompromi anggaran untuk menghindarkan pemangkasan belanja dan penaikan tarif pajak yang mengancam untuk mendorong negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu ke dalam resesi.

“Imbal hasil Spanyol telah meledak pada jam terakhir ke level tertinggi sejak Desember seiring kekhawatiran tentang puncak pemerintah Spanyol,” kata Smith, Analis Knight Capital Europe Ltd di London seperti dikutip Bloomberg, Selasa (5/2/2013). “Selain itu, kasus skandal korupsi dalam politik Spanyol, pemilu Italia menjelang akhir bulan juga menjadi perhatian,” tambahnya.

Volume perdagangan saham di Stoxx 600 tercatat 16% atau lebih besar dibandingkan dengan rerata 30 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya