SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

JAKARTA — Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini diperkirakan bergerak fluktuatif setelah ditutup menguat didorong sentimen positif dari pemulihan ekonomi global.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Analis riset Panin Sekuritas Purwoko Sartono memperkirakan IHSG tengah memasuki masa konsolidasi dan akan bergerak di level 4.609-4.650 meski ada rasa optimisme dari pemulihan ekonomi global. “Beberapa data ekonomi dari Eropa yang positif, dan tingkat kepercayaan investor Jerman pada Februari, naik melampaui estimasi bahkan melampaui level tertingginya dalam 3 tahun terakhir,” ujarnya.

Hal ini menjadi indikator jika Jerman sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Eropa sedang mengalami pemulihan dari penurunan ekonomi yang terjadi pada kuartal IV/12. Selain sentimen Eropa, rencana merger dan akuisisi di AS, juga menjadi katalis positif bagi bursa regional.

Sementara itu, analis Sinarmas Sekuritas Christandi Rheza Mihardja memperkirakan IHSG akan bergerak menguat di level 4.619-4.650 seiring dengan membaiknya data mengenai keyakinan konsumen zona Eropa. “Selain itu, data mengenai Housing Starts dan Producer Price Index diperkirakan akan memberikan sentimen tambahan terhadap pergerakan indeks,” katanya.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada menilai pasar saham Eropa berbalik positif setelah rilis data sentimen ekonomi Jerman oleh ZEW Center yang menunjukkan penguatan keyakinan ekonomi hingga level tertinggi sejak April 2010. Tak ketinggalan, lelang obligasi Spanyol yang mendapat respons cukup positif dimana mencatatkan yield yang lebih rendah. Berita dari Danone SA yang berencana untuk memangkas parta pekerjanya ditanggapi positif di tengah rilis penurunan kinerjanya.

Sementara bursa saham AS diperkirakan akan variaitf cenderung melemah dengan kemungkinan akan adanya aksi profit taking setelah Dow Jones Industrial Average (DJIA) menyentuh level tertingginya.

Pada perdagangan kemarin, Rabu (20/2/2013), IHSG kembali mencatatkan rekor penutupan perdagangan di level 4.634 menguat 32,3 poin, atau naik 0,7% setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya sempat terkoreksi. Pergerakan IHSG ini sejalan dengan pergerakan mayoritas bursa Asia yang bergera di zona hijau. Adapun, PT Trans Power Marine yang baru saja mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia, tercatat sebagai saham yang kenaikan harga sahamnya mencapai 50%.

Penguatan IHSG ditopang oleh delapan sektor yang bergerak positif yang dipimpin oleh sektor properti, perkebunan dan industri dasar.Sektor yang bergerak negatif a.l sektor tambang dan infrastruktur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya