SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Yayus Yuswoprihanto)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Yayus Yuswoprihanto)

JAKARTA – Indeks harga saham gabungan (ISHG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat kembali dibuka melanjutkan penguatan sebesar 1,63 poin mengikuti bursa kawasan regional. IHSG BEI dibuka naik 1,63 poin atau 0,03 persen ke posisi 5.090,96, sementara indeks 45 saham unggulan (LQ45) menguat 0,41 poin (0,05 persen) ke level 859,79.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Penguatan bursa kawasan regional memberikan semangat untuk pelaku pasar domestik sehingga mendorong IHSG BEI kembali berada dalam area positif,” kata analis HD Capital, Yuganur Wijanarko di Jakarta, Jumat Menurut dia, secara teknikal indeks BEI itu kembali berada dalam tren penguatan untuk kembali mencetak rekor tertinggi berikutntya dengan catatan level psikologis 5.000 poin masih bertahan.

Ia merekomendasikan beberapa saham yang dapa diperhatikan, yakni Panin Life (PNLF), Wismilak (WIIM), Kawasan Industri (KIJA), Bank Bukopin (BBKP).

Sementara itu, analis Samuel Sekuritas, Adrianus Bias mengatakan indeks BEI diperkirakan bergerak mendatar dengan kecenderungan melemah seiring minimnya sentimen positif baru dan potensi ambil untung oleh investor. “Beberapa sektor saham yang telah menguat signifikan dalam sepekan terakhir seperti konstruksi, konsumer dan otomotif diperkirakan terkena aksi ambil untung,” katanya.

Ia menambahkan sementara bursa AS bergerak relatif datar seiring pelaku pasar melakukan ambil untung setelah “rally” penguatan dalam empat hari perdagangan sebelumnya.

Bursa regional, di antaranya indeks Hang Seng menguat 18,97 poin (0,08 persen) ke level 23.230,45, indeks Nikkei-225 naik 406,55 poin (2,86 persen) ke level 14.598,03, dan Straits Times menguat 4,83 poin (0,14 persen) ke posisi 3.437,167.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya