SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya)

JAKARTA — Di tengah pelemahan bursa global dan regional, indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (16/4/2013) justru bergerak anomali dengan ditutup menguat sebesar 50,66 poin atau 1,04% ke level 4.945,25.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Sepanjang perdagangan hari ini, indeks bergerak dalam tren bullish setelah sempat terkoreksi pada sesi pembukaan. Aksi beli yang terjadi membuat indeks berbalik arah dan menguat hingga akhir perdagangan. Indeks sepanjang hari ini ditransaksikan pada kisaran 4.856,30-4.945,25.

Di pihak lain, nilai tukar rupiah ditutup melemah tipis terhadap dollar AS sebesar Rp3 atau 0,03% pada level Rp9.717/US$.

Saham BUMI tercatat sebagai saham yang teraktif diperdagangkan sepanjang hari ini disusul kemudian saham PWON dan TLKM. Rebound IHSG sepanjang hari ini dipicu oleh delapan sektor pembentuk IHSG yang bergerak positif yang dipimpin oleh sektor infrastruktur sebesar -1,88%. Dua sektor yang bergerak negatif adalah sektor agrikultur dan pertambangan.

Dari regional, bursa Asia bergerak beragam yang mana sebagian bergerak positif dan sebagian lainnya bergerak negatif.

Berdasarkan data perdagangan Indo Premier Securities, sebanyak 81 saham menguat, 154 saham melemah, 91 saham tak bergerak, dan 112 saham tak diperdagangkan. Frekuensi perdagangan di pasar reguler pada hari ini tercatat sebanyak 126.676 kali dengan 7,9 juta lot saham senilai Rp4,4 triliun.

Investor asing tercatat melakukan transaksi beli sebesar Rp2,34 triliun dengan transaksi jual sebesar Rp2,63 triliun sehingga asing membukukan transaksi jual bersih Rp290,3 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya