SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

JAKARTA — Positifnya sentimen global dan regional mendorong indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, hari ini (17/4/2013) nyaris menembus level 5.000.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Indeks ditutup menguat sebesar 53,40 poin atau 1,08% ke level 4.998,65 atau atau hanya selisih 1,35 poin untuk menembus level 5.000. Level penutupan tersebut juga merupakan rekor tertinggi baru sepanjang sejarah. Sejak pembukaan perdagangan, indeks langsung bergerak naik dan terus menguat hingga sesi II perdagangan berakhir. Sepanjang hari ini, indeks bergerak pada kisaran 4.953,47-4.998,65.

Di pihak lain, nilai tukar rupiah ditutup menguat terhadap dollar AS sebesar Rp6 atau 0,06% pada level Rp9.711/US$. Saham PWON tercatat sebagai saham yang teraktif diperdagangkan sepanjang hari ini disusul kemudian saham BUMI dan TLKM.

Penguatan IHSG sepanjang hari ini dipicu oleh delapan sektor pembentuk IHSG yang bergerak positif yang dipimpin oleh sektor industri dasar sebesar 1,84%. Dua sektor yang bergerak negatif adalah sektor agrikultur dan aneka industri.

Dari regional, bursa Asia bergerak beragam yang mana sebagian bergerak positif dan sebagian lainnya bergerak negatif.

Berdasarkan data perdagangan Indo Premier Securities, sebanyak 135 saham menguat, 98 saham melemah, 96 saham tak bergerak, dan 109 saham tak diperdagangkan. Frekuensi perdagangan di pasar reguler pada hari ini tercatat sebanyak 148.69 kali dengan 7,8 juta lot saham senilai Rp5,73 triliun.

Investor asing tercatat melakukan transaksi beli sebesar Rp3,14 triliun dengan transaksi jual sebesar Rp2,52 triliun sehingga asing membukukan transaksi beli bersih Rp623,1 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya