SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com,SEMARANG—Persepsi masyarakat khususnya para konsumen di Jawa Tengah terhadap kondisi ekonomi saat ini jauh lebih optimistis dibanding enam bulan lalu.

Optimistis itu terjadi lantaran ketersediaan lapangan kerja yang cukup sehingga berkaitan dengan meningkatnya aktivitas ekonomi.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Berdasar hasil Survei Konsumen Bank Indonesia pada Juli 2014 memperlihatkan keyakinan konsumen di Jawa Tengah kembali menguat dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2014 tercatat 115,8 lebih tinggi dibandingkan dengan indeks bulan sebelumnya 112,9. Menguatnya indeks tersebut didorong oleh peningkatan seluruh indeks pembentuknya, baik Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) maupun Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) terhadap kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah V Jateng dan DI Yogyakarta, Marlison Hakim, mengatakan setelah mengalami tren penurunan sejak Maret 2014 hingga Juni 2014, Indeks Kondisi Saat Ini (IKE) Juli 2014 meningkat 4,3 poin menjadi 110,9.

Hal ini menggambarkan persepsi positif konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dibandingkan dengan kondisi 6 bulan sebelumnya.
“Peningkatan IKE terutama didorong oleh meningkatnya indeks ketersediaan lapangan kerja yang cukup tinggi 11,7 poin menjadi 91,8,” paparnya kepada Bisnis.com, Selasa (12/8/2014). Sebagai imbasnya, kata dia, indeks penghasilan juga turut mengalami peningkatan 1,9 poin menjadi 123,3.

Peningkatan indeks ketersediaan lapangan kerja tersebut diperkirakan terkait dengan meningkatnya aktivitas ekonomi, yang terutama didorong oleh faktor berlangsungnya perayaan Idul Fitri.

Sementara itu, kata Marlison, optimisme konsumen terhadap ekspektasi kondisi ekonomi enam bulan mendatang juga sedikit menguat dibandingkan dengan hasil survei bulan sebelumnya, dengan kenaikan Indeks Ekpektasi Konsumen (IEK) sebesar 1,5 poin menjadi 120,6.

“Optimisme konsumen tidak terlepas dari persepsi positif responden terhadap kondisi ekonomi kedepan, pasca pelaksanaan Pemilu Presiden yang berjalan relatif lancar,” tuturnya.
Menurut dia, hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga akan semakin berkurang pada tiga bulan mendatang (Oktober 2014).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya