SOLOPOS.COM - Pigura berornamen cantik menghiasi Taman Kali Pepe dekat Jembatan Keris Tirtonadi, Solo. Foto diambil Kamis (6/1/2022) malam. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Kawasan Solo utara memiliki pesona baru berupa taman cantik di pinggir Kali Pepe dekat Jembatan Keris Tirtonadi. Taman itu belakangan ramai jadi perbincangan karena memiliki spot foto unik berupa pigura besar.

Pantauan Solopos.com, Jumat (7/1/2021), taman tersebut cukup menyenangkan. Masyarakat bisa menikmati semilir angin sembari melihat aliran air Kali Pepe.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Taman yang berada di sisi utara dan selatan sungai itu dibangun pada 2021 dengan dana Rp29 miliar. “Nama proyeknya pembangunan Rivetmen Solo-Tirtonadi hilir,” ujar pimpinan proyek, Nugroho, saat diwawancarai Solopos.com, Kamis (6/1/2022) malam.

Ia menjelaskan pengerjaan proyek itu sudah selesai 100 persen, dan kawasan itu sudah dibuka untuk masyarakat umum. Nugroho berharap taman baru di pinggir Kali Pepe dekat Jembatan Keris Tirtonadi Solo itu bisa dimanfaatkan masyarakat untuk rekreasi melepas penat atau menikmati semilir angin.

Baca Juga: Walah! Mobil Listrik Wisata Solo Dinilai Tak Jauh Beda dari Odong-Odong

Kawasan taman itu, menurut Nugroho, juga cocok dikunjungi bersama keluarga lantaran ada pigura raksasa dengan background Bendung Tirtonadi. “Desainnya murni dari konsultan perencana. Kalau kami pelaksana saja. Tapi intinya ini taman,” katanya.

Nugroho berharap masyarakat bisa menikmati keberadaan Taman Tirtonadi dengan juga menjaganya dari  berbagai kerusakan, seperti vandalisme. “Di sini ada kursi-kursi santainya juga. Jadi enak kalau jalan-jalan sama keluarga,” sambungnya.

Suasana Syahdu saat Malam Hari

Penuturan senada disampaikan Lusi Yuliana, 42, warga Kadipiro, Banjarsari, saat ditemui Solopos.com pada Kamis malam. Saat itu ia bersama suami dan dua anaknya tak sengaja mampir ke Taman Kali Pepe Tirtonadi setelah berbelanja barang di Solo.

Baca Juga: PT Wika Garap Proyek Rel Layang Joglo Solo Tahap I Senilai Rp280 Miliar

“Tadi kami dari belanja. Pas pulang lihat kok kayaknya enak buat refresh. Akhirnya mampir dan foto-foto di sini. Anak-anak juga senang banget. Kalau malam hari pas tidak hujan suasananya syahdu dengan ornamen lampu-lampu penerangan,” ujarnya.

Sebagai warga Solo utara, Lusi mengaku bangga dengan keberadaan Taman Tirtonadi yang baru selesai dibangun itu. Sebab ke depan keluarganya tidak perlu lagi jauh-jauh untuk refreshing. “Besok-besok tidak perlu jauh-jauh lagi refreshing,” katanya.

Lusi berharap masyarakat Solo utara bisa bersama-sama menjaga Taman Tirtonadi dari segala macam ancaman kerusakan, seperti vandalisme. Sebab ia menyayangkan bila taman yang dibangun susah payah dan berbiaya mahal dicoret-coret

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya