Indahnya Sunrise di Taman Posong Lereng Sindoro Temanggung

Di taman ini, pengunjung bisa menikmati suasana matahari terbit atau sunrise di pagi hari. Selain itu juga banyak taman-taman bunga serta spot-spot yang Instagramable yang cocok untuk dijadikan latar swafoto.

 Wisata Taman Posong, Kaki Gunung Sindoro (Instagram/@adibgahari)

SOLOPOS.COM - Wisata Taman Posong, Kaki Gunung Sindoro (Instagram/@adibgahari)

Solopos.com, TEMANGGUNG Tepat di kaki Gunung Sindoro, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terdapat destinasi wisata yang menarik berupa taman dengan panorama alam yang indah dan mempesona. Dilansir dari Jatengprov.go.id, Rabu (24/11/2021), objek wisata dimaksud adalah Taman Posong di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung,  Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Promosi"Hei, Kita Masih Pacaran Kan?" Begitu Drama Layar Indonesia

Objek wisata ini berhadapan langsung dengan Gunung Sumbing sehingga jika cuaca sedang cerah, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan dua gunung ikonik di Kabupaten Temanggung tersebut. Karena berada di kawasan lereng dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), tidak heran jika suhu udara di sini cukup dingin. Selain itu juga kawasan ini sering terselimuti kabut.

Berdasarkan pantauan Solopos.com melalui kanal Youtube TRANS7 OFFICIAL, Jumat (3/12/2021), sejarah dibalik objek wisata Taman Posong ini berawal dari kisah peperangan Pangeran Diponegoro melawan tentara kolonial Belanda. Nama Posong berasal dari dua kata, yaitu ‘Pos’ dan ‘Kosong’ sehingga makna sesungguhnya adalah pos yang kosong. Saat itu,  Pangeran Diponegoro hendak mengecoh tentara Belanda dan saat menyerang kawasan Posong yang merupakan pos yang kosong, akhirnya Belanda berhasil terkecoh.

Baca Juga: 2 Ramalan Ramalan Jayabaya Ini Sudah Terbukti Benar

Taman wisata Posong ini sudah dibuka sejak 2009 namun dipercantik pada 2016. Taman ini juga merupakan bagian dari pengembangan desa wisata Tlahab dan dikelola oleh pihak wisata. Di taman ini, pengunjung bisa menikmati suasana matahari terbit atau sunrise di pagi hari. Selain itu juga banyak taman-taman bunga serta spot-spot yang Instagramable yang cocok untuk dijadikan latar swafoto.

Fasilitas lainnya berupa tenda perkemahan bagi pengunjung yang ingin berkemah, sehingga tidak perlu repot membawa peralatan berkemah dan mendirikan tenda. Untuk fasilitas perkemahan ini dibagi ke dalam beberapa paket yang disesuaikan dengan jumlah orangnya. Masing-masing paket juga memiliki fasilitas layanan yang berbeda.

Paket pertama ‘camp family full service’ dibandrol Rp1,2 juta yang merupakan paket untuk keluarga. Paket ini menawarkan dasilitas berupa tenda dengan kapasitas maksimal enam hingga tujuh orang. Kemudian ada bantal, penerangan, acara  api unggun, snack dan minum satu kali dan charger.

Baca Juga: Asale Orang Jawa, Keturunan Siapa?

Paket kedua adalah paket camp family ekonomi dengan tarif Rp700.000 per tenda. Fasilitasnya sama dengan  paket camp family full service. Hanya bedanya tidak ada acara api unggun, snack dan minum, dan makan satu kali.

Bagi yang ingin mendapatkan layanan full service bisa dengan membayar Rp150.000 per orang dan minimal 10 orang. Fasilitas yang didapat adalah tenda, kasur, bantal, sleeping bag, penerangan, acara api unggun, snack dan minum, dan makan satu kali. Ada juga paket berkemah Ekonomi. Tarifnya Rp80.000 per orang dengan fasilitas tenda, kasur, bantal, sleeping bag, dan penerangan. Peserta minimal 10 orang.

Sementara itu, bagi wisatawan yang ingin berkemah dengan membawa tenda sendiri alias tidak menggunakan tenda dari Taman Wisata Alam Posong, bisa memilih paket Biasa. Tarifnya Rp60.000 per orang. Fasilitas yang didapat area camping yang cukup luas. Tarif ini sudah termasuk biaya tiket masuk ke Taman Wisata Alam Posong serta penjagaan selama 24 jam.

Baca Juga: Asale Baturraden: Berawal dari Cinta Tragis Bak Romeo Juliet

Di wisata posong ini juga terdapat restoran yang menyajikan menu serta kuliner khas Temanggung. Misalnya cemplon yang mirip kudapan timus dan gamblong. Walau sama-sama berbahan baku singkong, tapi kedua kudapan ini memiliki rasa yang bertolak belakang. Cemplon manis, sedangkan gamblong lebih gurih dan asin.

Selain kuliner, jangan lupa untuk menyeruput kopi arabica khas Posong yang memiliki rasa dan aroma tersendiri. Di Taman Wisata Alam Posong juga terdapat kedai kopi dengan menawarkan sensasi ngopi di atas ketinggian. Tiket masuk ke wisata Taman Posong ini Rp20.000 per orang dan jam bukanya dari jam 4.30 WIB hingga 17.00 WIB.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Netizen Geger! Bupati Husein Prediksi Omicron Sudah Masuk Banyumas

Bupati Banyumas Achmad Husein membuat geger netizen setelah menyebut virus SARS CoV-2 varian Omicron telah masuk Banyumas.

Tak Cuma di Semarang, Harta Pengusaha Terkaya Asia Tersebar Luas

Aset kerajaan bisnis yang dibangun pengusaha terkaya Asia dari Semarang, Jawa Tengah, Oei Tiong Ham, bukan hanya berada di Indonesia. Melainkan tersebar di berbagai negara.

Misteri Akhir Hayat Pengusaha Terkaya Asia Semarang: Warisan Disita

Akhir hayat Oei Tiong Ham si pengusaha terkaya Asia dari Semarang, Jawa Tengah, menyimpan misteri. Baik tentang penyebab kematian hingga sengketa harta warisan.

Dibuka, Penerimaan Anggota Polri dari Jalur Sarjana, Simak Caranya Lur!

Kepolisian Republik Indonesia atau Polri membuka pendaftaran siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun 2022.

Triawan Munaf Kepincut Baju Adat Ganjar Pranowo, Seperti Apa Sih?

Komisaris Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia, Triawan Munaf, tertarik dengan baju adat yang dikenakan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Kerupuk Tayamum, Makanan Legend Khas Pantura Kriuk-Kriuk Shrpp

Kerupuk/krupuk tayamum alias kerupuk pasir atau kerupuk melarat merupakan salah satu makanan khas Pantura Jawa yang melegenda.

Istana Gergaji, Warisan Pengusaha Terkaya Asia di Semarang

Istana Gergaji merupakan salah satu warisan peninggalan kerajaan bisnis pengusaha terkaya Asia, Oei Tiong Ham, di Semarang, Jawa Tengah.

Intip Istana Megah Pengusaha Terkaya Asia di Semarang

Kondisi Istana Pamularsih, salah satu peninggalan pengusaha terkaya Asia dari Semarang kini sangat memprihatinkan.

Ini Total Harta Kekayaan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang

Tidak ada yang tahu pasti total harta kekayaan pengusaha terkaya Asia asal Semarang, Oei Tiong Ham, karena asetnya pun sulit didata saking banyaknya.

Mengulik Asal Kekayaan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang

Oei Tiong Ham, pengusaha terkaya Asia asal Semarang tak hanya dikenal sebagai Raja Gula dari Semarang, tapi juga perdagangan candu atau opium.

Ini Deretan Warisan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang yang Disita

Inilah deretan harta warisan peninggalan si pengusaha terkaya Asia dari Semarang, Jawa Tengah, Oei Tiong Ham.

Warisan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang Disita Rezim Sukarno?

Aset warisan pengusaha terkaya se-Asia dari Semarang, Jawa Tengah, Oei Tiong Ham, disita negara pada pemerintahan Presiden Sukarno tahun 1961.

Meski Jalan Putus, PLN Berhasil Pulihkan Listrik di Pekalongan

PLN berhasil pulihkan listrik pascabencana tanah longsor yang melanda Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan.

Polres dan BIN Gelar Vaksinasi di Grobogan, Tapi Beda Sasaran

Polres Grobogan melaksanaan vaksinasi booster untuk seluruh anggotanya, sedang vaksinasi oleh BIN Jateng sasarannya anak/pelajar.

Udinus Kembali Gelar Dinusfest, Pelajar SMA/SMK Merapat!

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang akan kembali menggelar ajang Dinusfest pada awal Februari 2022.

Kisah Si Raja Gula Asia, Pengusaha Terkaya dari Semarang

Beginilah riwayat kerajaan bisnis Raja Gula Asia yang merupakan pengusaha terkaya asal Semarang, Oei Tiong Ham.