SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Clara Pratinida, 17, dan Aulia Anggi, 15, bergantian mengambil foto dengan latar pohon bungur setinggi tujuh meter dengan diameter lebih dari setengah meter di area parkir sisi barat pelataran Pura Mangkunegaran, Solo, Sabtu (4/8/2019) sore.

Kedua siswi kelas XI jurusan Analis Kesehatan SMK Farmasi Nasional Solo ini sengaja datang untuk mengabadikan gambar mereka dengan bunga berwarna merah muda mirip pohon sakura khas Jepang di sana.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pohon tersebut tampak menonjol dibandingkan tanaman lain seperti jati merak dan beringin yang sebagian daunnya mulai mengering di pelataran itu. Kehadiran pohon yang berbunga setahun sekali saban Juni-Agustus itu juga memberikan warna di tengah hiruk-pikuk padatnya lalu lintas akhir pekan jantung Kota Bengawan.

“Tahu di sini ada bunga mirip sakura dari medsos. Mumpung libur sekolah, mampir ke sini. Saya kira banyak pohonnya. Ternyata cuma satu tok,” tutur Clara saat ditemui Solopos.com.

Tak lama berselang, rombongan anak muda lain bergiliran mengambil gambar dengan latar pohon bungur. Di antara pengunjung, bahkan ada yang memanfaatkannya untuk memotret produk dagangannya berupa buket kembang.

Pohon itu memang bukan pohon sakura melainkan bungur. Namun, bunganya yang seperti bunga sakura membuat pemandangan di lokasi itu mirip taman sakura meski hanya ada satu pohon.

Pelaksana Tugas (Plt.) Pengageng Mondropuro Istana Mangkunegaran, Supriyanto Waluyo, mengatakan pengunjung diperbolehkan mengambil foto atau berselfie dengan latar belakang pohon bungur tersebut.

“Sekarang zamannya selfie, siapa tahu bisa jadi destinasi. Dengan catatan enggak boleh mengutak-atik pohon di sana,” pesan Supriyanto saat diwawancarai Solopos.com, Sabtu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya