Keindahan alam Pantai Kasap yang ada di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, akhir Juli 2019. (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, PACITANKabupaten Pacitan memiliki segudang pantai yang sangat indah dan menawan. Sebut saja ada Pantai Klayar, Pantai Srau, Pantai Soge, hingga Pantai Watukarung yang terkenal sebagai salah satu lokasi surfing terbaik. Selain deretan pantai itu, ternyata ada satu lagi pantai di Pacitan yang memiliki pemandangan yang sangat indah dan menawan, yaitu Pantai Kasap.

Orang-orang menyebut Pantai Kasap sebagai Raja Ampat-nya Pacitan. Sebutan ini merujuk pada kondisi alam di Pantai Kasap yang terdiri dari gugusan pulau yang menawan. Meskipun, keindahannya tidak bisa disamakan dengan keindahan alam di Raja Ampat. Tetapi, Pantai Kasap ini bisa menjadi alternatif saat isi kantong tidak bersahabat untuk terbang ke Raja Ampat.

Pantai Kasap terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini terletak persis di deretan Pantai Watukarung yang tersohor sebagai surganya para penyuka olahraga surfing.

Awak Madiunpos.com berkesempatan menikmati dan mengabadikan keindahan Pantai Kasap pada akhir Juli 2019 lalu. Udara pagi mengembus dari bibir Pantai Kasap, sang mentari tanpa malu-malu menampakkan dirinya dan menyinari alam dari kegelapan malam.

Baca Juga:
WISATA PACITAN : Inilah 11 Pantai Yang Patut Dikunjungi Wisatawan

Suara ombak berderu khas pantai selatan terdengar sangar di telinga. Pada pagi hari, suasana di pantai tersebut masih tenang dan sepi. Rombongan wisatawan belum terlihat. Untuk melihat keindahan alam ala-ala Raja Ampat, pengunjung harus naik di pegunungan karang. Sekitar lima menit berjalan, pengunjung langsung disuguhkan pemandangan elok gugusan pulau karang.

Untuk menimati gugusan pulau karang ini, pengunjung tidak perlu bersusah payah mencari spot yang menarik. Warga sekitar yang menjadi pengelola kawasan wisata ini telah menyediakan satu pulau khusus untuk menikmati keindahan Pantai Kasap.

Pengunjung juga bisa melihat lebih jelas di menara pandang yang disiapkan oleh pengelola. Ada sekitar delapan pulau kecil yang ada di kawasan itu. Letaknya saling berdekatan. Pada musim kemarau seperti sekarang, kondisi pulau gersang karena tanamannya mengering dan mati.

Pengelola juga menyediakan beberapa spot foto yang menarik dengan latar belakang gugusan pulau dan birunya air laut. Ada spot foto berupa sepeda onthel kuno, ada booth selfie instalasi kayu, dan lainnya. Namun, setiap bagian di pulau ini memang menarik untuk dijadikan foto.

Pengunjung bisa bersantai-santai di pulau ini sambil melihat matahari terbit dari ufuk timur. Pada saat tertentu pengunjung juga bisa melihat perjuangan para nelayan melawan ombak laut kidul ini dengan perahu kecil.

Pada musim gelombang tinggi, ombak yang menggulung itu akan menabrak pulau karang itu. Efek suara yang ditimbulkan pun menjadi pemandangan audio visual yang menarik.

Pantai Kasap saat ini sudah mulai dikenal wisatawan dari luar daerah. Hari Prasetyo, seorang pengelola pulau pandang Pantai Karung, menceritakan pantai ini akan dipenuhi wisatawan pada akhir pekan, libur nasional, dan hari libur Lebaran. Pantai ini memang menjual destinasi pemandangan ala Raja Ampat.

Atas kesadaran potensi alam itu, warga di sekitar pantai pun bersama-sama mengembangkan potensi alam di Pantai Kasap ini untuk dijual kepada wisawatan. Mereka lantas melengkapi pantai itu dengan beragam fasilitas supaya para wisatawan betah saat berkunjung. Pengunjung yang mau kemping di kawasan pantai juga disediakan area perkemahan.

“Warga memang berkomitmen untuk menjaga pantai ini supaya tetap terjaga kelestarian dan keindahannya,” kata dia.

Untuk pehobi foto atau YouTuber, kata dia, tidak perlu bingung untuk mencari jaringan internet di Pantai Kasap. Karena di pulau pandang ini Internet bisa diakses.

Waktu terbaik untuk menikmati alam di Pantai Kasap yaitu saat waktu matahari tenggelam atau sunset. Biasanya para wisatawan dan pemburu foto datang ke Pantai Kasap pada sore hari untuk mencari momen terbaik matahari terbenam.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten