SOLOPOS.COM - Grojogan Watu Purbo, air terjun enam tingkat di Jogja. (Instagram/@watu_purbo)

Solopos.com, SLEMAN — Objek wisata di kawasan Jogja seperti tidak ada habisnya. Selain pantai, perbukitan yang indah, ada juga Grogjogan Watu Purbo yang indah.

Objek wisata berupa air terjun itu berlokasi di Desa Bangunrejo, Tempel, Sleman, DIY. Air terjun ini memiliki bentuk yang tidak biasa karena membentuk terasering bertingkat enam dan dialiri dengan air terjun kecil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Grojogan Watu Purbo merupakan air terjun buatan yang semula digunakan untuk mengatasi dampak erupsi Gunung Merapi. Alirannya berasal dari Kali Krasak dan Kali Bebeng, yang diketahui sering terdampak aliran lahar dingin pasca-erupsi Merapi.

Baca juga: Jumlah Sekuter Listrik di 3 Kawasan Wisata Jogja Bakal Dibatasi

Pada 1957, pemerintah membuat terasering yang difungsikan sebagai sabo, sebuah sistem penahan aliran lahar. Enam tingkatan di Grojogan Watu Purbo ini merupakan bentukan sabo, sementara bebatuan besar di sekitarnya merupakan batuan alami.

Selama bertahun-tahun Grojogan Watu Purwbo terbengkalai. Sampai akhirnya kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat berinisiatif mengelolanya menjadi tempat wisata. Pada 2017 mereka resmi memperkenalkan dan membuka tempat ini menjadi objek wisata baru.

Grojogan Watu Purbo memiliki banyak spot foto karena pemandangan alam yang menawan. Pepohonan hijau yang melingkari Grojogan Watu Purbo membuat tempat ini terasa sejuk.

Selain itu, jika pengunjung suka berkemah. Pengelola tempat ini menyediakan lokasi khusus untuk berkemah, lokasinya tidak jauh dari air terjun.

Baca juga: Sepaket Wisata Jogja-Solo-Sangiran Bersama KRL

Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah saat musim hujan, karena debit airnya sedang melimpah dan bisa menikmati keindahan aliran deras dari air terjun ini.

Objek wisata Grojogan Watu Purba menjadi pilihan wisata murah, karena pengunjung tidak dikenakan biaya retribusi. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir saja, untuk motor mulai dari Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000. Adapun jam buka mulai pukul 06.00-18.00 WIB atau menyesuaikan dengan kebijakan pengelola terkait pandemi dan cuaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya