Tutup Iklan

Indahnya Bendungan Wadaslintang, Dijuluki Mini Danau Toba Gaes

Banyak keunikan yang bisa dinikmati ketika mengunjungi tempat wisata ini, seperti pemandangan dan hamparan perbukitan dengan pephonan hijau yang asri.

 Bendungan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo (Instagram/@wonosbohitz)

SOLOPOS.COM - Bendungan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo (Instagram/@wonosbohitz)

Solopos.com, WONOSOBO — Bendungan Wadaslintang terletak di Sungai Bedegolan di Desa Sumberejo, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Daerah tangkapan air bagian utara ini merupakan perbukitan, bagian tegah adalah daratan rendah dengan topografi rata-rata datar yang terdiri dari persawahan dan pemukiman penduduk, dan bagian selatan adalah daerah lahan pasir (sand dunes) pantai selatan dengan curah hujan berkisar 1800 mm sampai 5800 mm setiap tahun dengan rata-rata 3656 mm/tahun.

Dilansir dari sda.pu.go.id, Sabtu (16/10/2021), Bendungan Wadaslintang berfungsi sebagai penyedia air suplesi irigasi untuk lahan persawahan teknis seluas 31.100 hektar (Ha). Manfaat lainnya, yaitu sebagai pembangkit tenaga listrik lebih dari 92 juta Kwh/tahun, dimulai sejak 1998, selain itu juga untuk kebutuhan air baku/industri sebanyak 800 liter/detik dan pengendalian banjir. Saluran Induk Wadaslintang Barat dan Timur memberikan suplesi irigasi kepada 18 Daerah Irigasi.

Baca Juga: Diramalkan Kelep, Rumah Warga di Pesisir Semarang Ini Nyaris Amblas

Di samping fungsi utama untuk kebutuhan sehari-hari, bendungan ini juga menjadi salah satu destinasi kunjungan wisata terbaik di Kabupaten Wonosobo dengan sejuta pesona yang sayang jika dilewatkan. Banyak keunikan yang bisa dinikmati ketika mengunjungi tempat wisata ini, seperti pemandangan dan hamparan perbukitan dengan pephonan hijau yang asri. Keindahan alam itu membuat bendungan ini dijuluki mini Danau Toba.

Selain menikmati pemandangan alam, pengunjung juga bisa menyusuri keindahan bendungan dengan menyewa perahu. Selain itu ada juga spot memancing yang cocok bagi para mancing mania untuk menyalurkan hobi. Di bendungan ini juga ditemukan banyak spot swafoto yang menarik dan Instagramable. Tak lupa juga, panorama sunrise atau matahari terbit yang indah juga disuguhkan. Fasilitas umum juga sudah tersedia, seperti area parkir, gazebo, mushola, warung makan, dan toilet.

Baca Juga: Batik Pemalangan, Coraknya Unik, Pewarnanya Alami Hlo

Lokasi bendungan ini berada di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Kebumen di bagian selatan. Dari pusat kota, bendungan ini berjarak sekitar 50 km dengan jarak tempuh sekitar 90 menit menggunakan kendaraan. Akses jalan yang baik membuat siapa saja tidak akan merasakan kesulitan ketika akan mengunjungi obyek wisata Bendungan Wadaslintang.

Biaya tiket masuknya dihargai sebesar Rp10.000 per orang, selain itu masih ada biaya parkir sebesar Rp3000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5000 untuk kendaraan roda empat. Jam operasionalnya setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.


Berita Terkait

Berita Terkini

Korban Meninggal Kecelakaan Karambol Salatiga Polisi Berpangkat Bripka

Satu korban yang meninggal akibat kecelakaan karambol di Jalan Lingkar Selatan atau JLS Salatiga adalah polisi berpangkat Bripka.

Ditinggal Suami Merantau, Istri Main Serong dengan Oknum Polisi Pati

Seorang TKI asal Pati melaporkan oknum polisi dari Polsek Cluwak, Pati dengan tuduhan berselingkuh dengan istrinya sejak saat ia merantau ke Jepang.

Mbah Minto yang Tebas Pencuri Ikan Dituntut 2 Tahun Penjara

Pengacara Mbah Minto menilai tuntutan JPU tak mempertimbangkan hukum sebab akibat. Apalagi usia Mbah Minto sudah sepuh.

Tuntut UMK Naik 16%, Buruh Jateng Ancam Geruduk Istana Presiden

Massa dari Aliansi Buruh Jawa Tengah (Jateng) menggelar aksi unjuk rasa atau demo menuntut UMK Jateng 2022 naik 16%.

Pemkab Grobogan Ajukan Raperda Yang Berlaku 30 Tahun, Tentang Apa?

Pemerintah Kabupaten Grobogan mengajukan rancangan peraturan daerah (Raperda) yang masa berlakunya 30 tahun ke DPRD Grobogan.

Hutan Pinus Sigrowong, Wisata Temanggung yang Bikin Hati Tenang

Hutan pinus Sigrowong di Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang membuat hati dan pikiran tenang.

Diburu! Sopir Truk Tronton yang Picu Kecelakaan Karambol di Salatiga

Aparat Polres Salatiga saat ini tengah memburu sopir truk tronton yang menyebabkan kecelakaan karambol di Jalan Lingkar Selatan atau JLS Salatiga.

Gas Pol, Baznas dan Korpri Banjarnegara Gelar Vaksinasi Sasar 700 Warga

Baznas sekaligus mendistribusikan bantuan sembako untuk masyarakat kurang mampu yang hadir. Bentuknya bahan makanan pokok seperti beras, minyak, dan gula.

Tanggul Sungai Jebol, Desa di Kudus Tergenang Banjir

Sejumlah desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), tergenang banjir akibat meluapnya Sungai Dawe akibat hujan lebat pada Selasa (30/11/2021) dini hari.

Penipuan Modus Gendam di Semarang Diungkap, Korban Rugi Rp3 Miliar

Aparat Ditreskrimum Polda Jateng menangkap tersangka sindikat penipuan dengan modus gendam yang menggasak uang korbannya di Semarang mencapai Rp3 miliar.

Legenda Syekh Subakir & Asale Gunung Tidar Pakunya Tanah Jawa

Asale Gunung Tidar yang disebut sebagai paku bumi di Tanah Jawa diyakini berkaitan dengan sosok ulama bernama Syakh Subakir.

Misteri Gunung Tidar: Pakunya Tanah Jawa

Gunung Tidar yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, diyakini sebagai paku bumi Tanah Jawa.

Jateng Belum Berniat Tutup Tempat Wisata saat Libur Nataru

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng belum berencana menutup destinasi wisata di wilayahnya saat libur akhir tahun atau Nataru nanti.

Dua Pekan Operasi Zebra Candi 2021, 605 Kecelakaan Terjadi di Jateng

Ditlantas Polda Jateng mencatat selama dua pekan pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022 terdapat 605 kejadian kecelakaan di Jateng, dengan jumlah korban meninggal mencapai 31 orang.

Kronologi Kecelakaan Karambol Salatiga yang Sebabkan 1 Polisi Meninggal

Kecelakaan maut berupa tabrakan karambol terjadi di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Senin (29/11/2021) malam.