Kegiatan penanaman pohon oleh PT Indaco Warna Dunia bersama warga sekitar. (Solopos/Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR PT Indaco Warna Dunia kembali melakukan kegiatan sosial untuk masyarakat sekitar pabrik. Kegiatan itu berupa penanaman pohon dalam rangka perayaan HUT ke-14 perusahaan Sabtu (7/12/2019).

Pihak Indaco Warna Dunia menanam bibit pohon jambu air bersama masyarakat. Sebanyak 500 bibit pohon ditanam di delapan RT di sekitar pabrik yang berlokasi di Dusun Karangkidul, Pulosari, Kebakkramat, Karanganyar.

Operation Manager PT Indaco Warna Dunia, Vembri Armoko, menjelaskan penanaman ratusan bibit pohon dilakukan unuk mendukung konservasi air di lingkungan sekitar perusahaan. Menurutnya kegiatan tersebut membantu menjaga ketersediaan air bagi masyarakat sekitar lantaran banyaknya pohon di kawasan tersebut. Selain itu, pepohonan bakal membuat lingkungan sekitar lebih rindang.

“Kami memilih jenis pohon jambu air karena pohon tersebut dapat membantu tujuan konservasi air di wilayah sekitar pabrik. Pohon itu disebar ke ratusan titik yang berada di delapan RT. Tidak hanya untuk konversi air, tapi juga sebagai bentuk antisipasi terhadap potensi banjir di kawasan ini juga. Karena kalau resapan dari pohon bagus, potensi banjir bisa dikurangi,” ucap dia kepada Solopos.com, Sabtu.

Penanaman ratusan pohon itu dilakukan PT Indaco Warna Dunia bersama masyarakat Karangkidul, Pulosari, Kebakramat. Hal itu dilakukan guna membina hubungan harmonis yang terwujud antara PT Indaco Warna Dunia dengan masyarakat di sekitar pabrik.

“Jadi kami juga melibatkan masyarakat juga dalam kegiatan ini. Hal yang paling kami apresiasi adalah warga juga ikut membantu kami membuat lubang untuk tempat menanam bibit pohon jambu air. Jumlah 500 lubang itu banyak lho, dan ini dilakukan masyarakat. Kami tentu senang melihatnya karena ini bentuk hubungan kami dengan masyarakat yang erat dan rukun,” imbuh Vembri Armoko.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten